SOLOPOS.COM - Desa Wisata Jarum, Bayat, Klate. (Istimewa/Instagram @desawisatajarumklaten)

Solopos.com, KLATENDesa Jarum terletak di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jateng. Asal-usul Desa Jarum Jarum tak bisa dilepaskan dari keberadaan pohon maja setinggi 15 meter di desa setempat.

Dari cerita sejarah para sesepuh desa setempat, asal-usul Desa Jarum, Klaten konon bermula dari kisah bekel atau abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bernama Ekomoyo. Saban menghadap raja, bekel tersebut selalu membawa hasil bumi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hingga suatu ketika di wilayah dukuh yang kini bernama Jarum terjadi paceklik. Tak ada hasil bumi yang biasa dibawa untuk dipersembahkan kepada raja. Hingga sang bekel terpaksa membawa buah maja yang tak tak terlalu manis dan tak beraroma harum.

Anehnya, ketika sang bekel tiba di keraton dan menyerahkan buah maja kepada raja, aroma dan rasa buah seketika berubah menjadi harum dan manis. Raja pun senang atas pemberian buah maja yang harum dan manis tersebut hingga sang bekel diperintahkan agar dukuh tempat pohon maja tumbuh dinamakan Mojo Arum.

Mojo artinya buah maja dan arum artinya harum. Lantaran ada peluluhan kata, nama Mojo Arum berubah menjadi Jarum dan secara administratif dijadikan nama resmi desa. Hal itu menjadi asal-usul Desa Jarum di Klaten.

Baca Juga: Estetik! Batik Kayu Buatan Pemuda Kreatif di Desa Jarum Klaten

Orang dari luar daerah kerap salah sangka terkait penamaan desa dengan nama Jarum. Para tamu menyangka jika nama desa itu berasal dari jarum, salah satu alat menjahit terbuat dari logam yang panjang dan berujung runcing. Padahal, asal-usul Desa Jarum di Klaten erat hubungannya dengan pohon maja.

Kawasan tempat pohon maja tumbuh beberapa tahun lalu dibangun dilengkapi dengan dua bangunan kecil, prasasti, serta bangunan lainnya untuk memudahkan pengunjung. Sayang, kawasan yang kini disebut situs tersebut terkesan tak terurus dengan tumbuhnya rerumputan di kawasan itu.

”Sudah kami bangun menjadi situs dan kami publikasikan. Hanya memang belum banyak yang tertarik untuk berkunjung. Sedikit demi sedikit kami tata dan menjadi bagian media bagi untuk menjelaskan asal-usul Desa Jarum di Klaten,” kata Kepala Desa (Kades) Jarum, Iswanta, saat ditemui Solopos.com di Desa Jarum, Senin (25/10/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya