SOLOPOS.COM - Rektor Unsa Astrid Widayani. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Rektor Universitas Surakarta (Unsa), Astrid Widayani, dalam perjalanan menorehkan sejarah kepemimpinan di Kota Solo.

Dalam sejarah, belum pernah ada perempuan yang menjadi pemimpin Solo, baik Wali Kota dan Wawali. “Kami ingin ada Srikandi Solo pecah telur menjadi pemimpin kota. Selama ini selalu laki-laki,” ujar Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, saat diwawancara wartawan seusai menerima kedatangan Astrid Widayani mengambil formulir pendaftaran bakal Cawali-Cawawali Solo, Kamis (9/5/2024).

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Ardianto meyakini kehadiran sosok perempuan dalam kepemimpinan Solo akan memberikan dampak positif di sektor pemberdayaan perempuan. Latar belakang Astrid sebagau edupreneur juga akan mengangkat sisi edukasi.

“Ini akan mewujudkan peran perempuan dan pendidikan lebih bagus. Karena selama ini yang jadi Wali Kota dan Wawali latar belakang sebagai pendidik kurang,” urai dia. Tapi Ardianto menekankan pentingnya keberlanjutan pembangunan.

Figur pemimpin Solo ke depan harus mempunyai visi, misi dan program yang melanjutkan kepemimpinan Gibran. “Harus ada keselarasan pemimpin Solo nanti dengan visi, misi, dan program dari Mas Gibran Rakabuming,” kata dia.

Disinggung peluang koalisi parpol di Pilkada Solo 2024, Ardianto mengaku sudah berkomunikasi dengan Partai Solodaritas Indonesia (PSI), Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Semakin banyak parpol yang bergabung di koalisi itu dinilai Ardianto semakin bagus. “Kami sebenarnya dengan PSI sudah cukup 10 kursi. Tapi kami tetap menggandeng teman-teman partai lain. Koalisi besar harus biar semakin kuat,” ujar dia.

Sedangkan Astrid Widayani menyadari sejarah Kota Solo yang tidak pernah dipimpin oleh perempuan. Tapi dia telah membulatkan tekadnya untuk mengabdikan pikiran, tenaga, dan hatinya, untuk pembangunan kota kelahirannya itu.

Memohon doa restu keluarga, para sahabat, dan tokoh-tokoh masyarakat, lalu mengambil formulir pendaftaran bakal Cawali-Cawawali Solo 2024 di Partai Gerindra merupakan bukti keseriusan perempuan berkerudung tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya