SOLOPOS.COM - Edupreneur Astrid Widayani, 37, (ketiga dari kiri) saat acara pelantikan dirinya sebagai Ketua Umum Kamar Enterpreneur Indonesia (Keind) Jawa Tengah (Jateng) periode 2023-2028 di Hotel Swiss-Belinn Saripetojo Solo, Minggu (26/5/2024) siang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Edupreneur dan tokoh perempuan Kota Solo, Astrid Widayani, 37, dilantik sebagai Ketua Umum Kamar Entrepreneur Indonesia (Keind) Jawa Tengah (Jateng) periode 2023-2028 di Hotel Swiss-Belinn Saripetojo Solo, Minggu (26/5/2024).

Keind adalah organisasi kewirausahaan yang beranggotakan para pengusaha, baik pemula, menengah, maupun besar. Mereka berasal dari berbagai macam lini bisnis yang berorientasi untuk kolaborasi dan berkembang bersama-sama.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Keind telah hadir di 30 provinsi di Tanah Air dan sembilan negara perwakilan. Hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum Keind Indonesia, Afda Rizal Armashita. Dia menyampaikan Keind akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa.

“Kami memberikan kepercayaan kepada Mbak Astrid dan teman-teman yang menjadi pengurus untuk membangun komunitas ini, membantu pemerintah guna meningkatkan perekonomian dan pertumbuhan ekonomi bangsa,” ungkap dia.

Afda Rizal mengatakan kehadiran Keind di Jateng menjadi oase bagi para pengusaha, khususnya pelaku UMKM. Mereka berharap Keind dapat membantu mereka untuk terus eksis dan berkembang, dalam menghadapi tantangan pasar global.

Tidak terkecuali di Kota Solo yang tengah menjadi magnet berbagai kegiatan berskala nasional dan internasional. Berbagai kegiatan tersebut sangat strategis untuk menjadi etalase berbagai produk UMKM lokal Solo maupun regional se-Jateng.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Solo, Wahyu Kristina, mendukung upaya untuk membangun ekosistem UMKM yang lebih baik. Dia telah berbincang dengan Astrid Widayani dan program yang akan diluncurkan riil dan sudah beraktivasi.

“Program-programnya nanti tidak hanya talkshow, tapi sudah ada aktivasinya, menciptakan jejaring, link dengan pentahelix. Solo menarik, makanya UMKM dapat tumbuh dengan pesat, adaptif sesuai tren untuk mengambil peluang,” tutur dia.

Sementara Astrid Widayani menyatakan akan menyentuh 10 prioritas pembangunan Jateng dengan kolaborasi bersama jajaran pengurus. Pengendalian inflasi, ketahanan pangan, pengembangan wisata dan penguatan UMKM, prioritas.

“Jaringan Keind luar biasa. Kita belajar bagaimana satu kampung itu memproduksi secara bersama-sama. Kita juga bekerja sama dengan pemerintah daerah, perbankan yang bisa tambah permodalan untuk meningkatkan produksi,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya