SOLOPOS.COM - Selebaran terkait Pameran Gelar Buku dan Budaya Rakyat Sukoharjo (Gebrak) oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Sukoharjo pada 31 Oktober 2022 hingga 6 November 2022 mendatang di Alun-alun Satya Negara Sukoharjo. (Istimewa/Disarpus Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Sukoharjo akan mengadakan Pameran Gelar Buku dan Budaya Rakyat (Gebrak) Sukoharjo selama satu pekan. Kegiatan itu akan dilaksanakan pada Senin (31/10/2022) hingga Minggu (6/11/2022) mendatang.

Kepala Disarpus Sukoharjo, Sumarno, mengatakan tujuan dari gelaran yang akan dilaksanakan di Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo itu adalah untuk menyosialisasikan literasi berbasis masyarakat.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Itu sebagai salah satu dari kegiatan sosialisasi berbasis masyarakat sehingga masyarakat mau kembali menyukai atau paling tidak tahu eksistensi perpustakaan masih ada. Selain itu tupoksi kami juga tentang pelestarian cagar budaya maka kami berusaha mengangkat itu. Selain membeli buku kami menyuguhkan suguhan bernuansa lokal melalui gelaran ketoprak,” terang Sumarno saat ditemui usai kegiatan Pasar Go Digital di Nguter, Sukoharjo, Rabu (26/10/2022).

Sumarno membeberkan kegiatan tersebut bertemakan Literasi untuk Peradaban, Kesejahteraan dan Keberagaman Budaya. Kegiatan akan dibuka pada pukul 09.00 WIB-22.00 WIB. Dalam kegiatan itu akan dipamerkan beberapa buku dengan beragam tema.

Tak hanya itu pagelaran kolosal, pentas seni dan budaya, bedah buku, talkshow hingga workshop juga menghiasi agenda itu. Beberapa lomba seperti Lomba Kreasi Tari Tradisional, Lomba Pildacil, Lomba Karaoke Campursari Untuk Anak, Lomba Hafidz Qur’an, Lomba Mewarnai dan Menggambar untuk anak-anak usia KB/TK dan SD.

Baca Juga: Pejabat di Sragen Jadi Model Sukowati Batik Fashion 2022

Kemudian ada pula Lomba Fashion Show bagi anak dan dewasa, Lomba Baca Puisi hingga Lomba Kotekan. Seperti diketahui, kotekan merupakan sebuah hiburan yang biasanya dilakukan ibu-ibu petani zaman dahulu dengan memukul-mukulkan alat penumbuk padi sehingga menimbulkan nada-nada tertentu dan terdengar alami.

Dalam kegiatan itu, kunjungan sekolah akan dibuka pada pukul 09.00 WIB-12.00 WIB. Kegiatan itu juga dilengkapi dengan bazar kuliner hingga penyalaan kembang api pada Senin (31/10/2022) pukul 19.00 WIB.

Kegiatan itu juga telah dipublikasikan di beberapa media sosial milik Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, salah satunya dalam laman Instagram @disarpus_sukoharjo. Dalam unggahan yang dipantau Solopos.com pada Sabtu, unggahan tersebut dilengkapi dengan foto jadwal kegiatan, beberapa warga Sukoharjo menyambut baik agenda tersebut.

Baca Juga: Peringati Sumpah Pemuda, Pemkab Sukoharjo Ajak Para Napiter Ikut Upacara

Akun @retnoharjanti_rh menuliskan komentar telah lama menunggu pameran tersebut. “Wah akhirnya ada pameran buku lagi,” tulisnya. Sementara itu akun @rianggita_ memberikan pertanyaan membandingkan pameran tersebut dengan pameran sebelumnya.

“Bakalan sekomplit ning [di] Gedung Budisasono kek mbiye gak yo? [seperti dulu gak ya?] BTW [by the way] kapan rono [ke sana]? Malming yak?,” tulis akun @rianggita_.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya