SOLOPOS.COM - Alat berat eskavator berada di lahan bekas Pasar Cepogo lama yang sempat terbakar Jumat (24/12/2021). Rencananya lahan tersebut akan alih fungsi menjadi ruang terbuka hijau (RTH) dan ruang publik. (Solopos.com/Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, BOYOLALI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali akan mengalihfungsikan lahan bekas Pasar Cepogo, Kecamatan Cepogo, menjadi ruang terbuka hijau (RTH). Nantinya ruang publik tersebut juga akan dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung aktivitas masyarakat setempat.

Pantauan Solopos.com di lokasi Jumat (24/12/2021), lahan bekas Pasar Cepogo sudah rata dengan tanah. Alat berat juga ditempatkan di lokasi tersebut untuk meratakan lahan sebelum pembangunan dimulai.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Baca Juga: Krisis Air Bersih, 5 Desa di Tamansari Boyolali Keluarkan Rp2 Miliar

Terdapat satu batang pohon beringin yang masih dibiarkan berdiri tegak di tengah lahan tersebut. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Boyolali, Arif Gunarto, mengatakan pihaknya berencana menyulap lahan bekas Pasar Cepogo menjadi ruang publik.

Nantinya, lahan dengan luas 9.000 meter persegi tersebut akan menjadi ruang terbuka hijau. Sementara lahan seluas 2.978 meter persegi akan digunakan untuk sejumlah fasilitas umum.

Sejumlah fasilitas umum yang akan dibangun meliputi lapangan sepak bola mini, lapangan voli, lapangan basket, jogging track, panggung teater, parkir, dan foodcourt.

Baca Juga: Turunkan Angka Stunting, Taman Sari Boyolali Gelar Festival Ceting

“Kami akan menata ulang lahan eks Pasar Cepogo. Rencananya akan menjadi RTH, tapi juga akan kami bangun sejumlah fasilitas pendukung lainnya untuk menunjang kegiatan masyarakat,” ujar dia ketika berbincang dengan Solopos.com Jumat (24/12/2021).

Penataan akan dilakukan secara bertahap. Saat ini masih dalam proses penataan lahan baru yang memakan anggaran sebesar Rp800 juta. Nantinya, pembangunan tahap berikutnya akan dilakukan pada 2022 dengan pengajuan anggaran baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya