SOLOPOS.COM - Pekerja menyelesaikan pembangunan Masjid Agung Karanganyar, Senin (20/12/2021). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Masjid Agung Karanganyar hingga saat ini belum selesai dibangun. Awalnya, masjid ini dijadwalkan rampung 17 Desember 2021. Namun karena berbagai kendala, pengembang tidak dapat menyelesaikan pembangunan tepat waktu.

Meski demikian, diharapkan masjid yang desainnya mirip Masjid Nabawi di Madinah ini segera selesai.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sementara itu, selain memiliki empat payung besar di luar gedung, Masjid Agung Karanganyar ini memiliki empat menara dengan ketinggian sekitar 70 meter di masing-masing sudutnya.

Baca Juga: Kontraktor Masjid Agung Karanganyar Gagal Penuhi Deadline

Tiga di antaranya– yakni di sudut tenggara, barat daya, dan timur laut–bangunannya mirip menara Masjid Nabawi. Sedangkan satu menara di sudut barat laut ini bentuknya sedikit berbeda, karena berfungsi sebagai menara pandang.

Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Karanganyar, Asihno Purwadi, mengatakan menara pandang ini di puncaknya terdapat ruangan. “Di puncak menara pandang ini ada dua ruangan dengan dua lantai, atas dan bawah,” ujarnya saat ditemui mengecek progres pembangunan Masjid Agung Karanganyar, Senin (20/12/2021).

Menurutnya, masing-masing ruangan bisa memuat 20 orang sehingga kapasitas di dalam menara ini totalnya 40 orang. “Artinya, jika kapasitas menara itu sudah 40 orang, pengunjung lainnya harus menunggu dulu [untuk naik],” ujarnya.

Baca Juga: DPUPR: Kontraktor Pembangunan Masjid Agung Karanganyar Kena Denda

Menara pandang ini akan dilengkapi dengan lift untuk membawa pengunjung ke atas. Selain itu disediakan pula tangga untuk situasi darurat.

Asihno menambahkan, menara pandang untuk melihat wilayah kota Karanganyar ini bisa dimanfaatkan masyarakat secara gratis. “Nanti kalau sudah jadi siapa saja boleh naik,” ujarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya