SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali M Said Hidayat menyalami buruh gendong saat acara penyerahan bingkisan bantuan berisi sembako dan kue Lebaran di Pendapa Gedhe Boyolali, Selasa (11/4/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Sebanyak 527 buruh gendong, petugas kebersihan, dan petugas parkir atau juru parkir (jukir) di Boyolali menerima bingkisan berisi sembako dan jajanan Lebaran di Pendapa Gedhe Boyolali pada Selasa (11/4/2023).

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Boyolali M Said Hidayat kepada perwakilan penerima. Selain dihadiri Bupati,  acara itu dihadiri pula oleh Wakil Bupati Wahyu Irawan, Ketua DPRD Marsono, Ketua Baznas Jamal Yazid, dan pejabat lainnya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Setelah penyerahan simbolis, para penerima bingkisan langsung mengambil secara langsung dan kembali bertugas ke tempat masing-masing. Salah satu penerima bantuan, Sunarmi, 56, tersenyum semringah sambil menenteng bingkisan dalam kotak berwarna coklat.

Perempuan buruh gendong di Pasar Nogosari, Boyolali, tersebut mengaku senang dan bingksan yang ia dapat akan digunakan untuk disajikan saat Lebaran. “Ini ada beras, minyak, gula, sama makanan lain. Lumayan sekali untuk Lebaran,” katanya kepada Solopos.com seusai penyerahan bingkisan.

Ia berharap di tahun-tahun berikutnya akan ada lagi bantuan bagi dirinya dan teman-temannya karena hal tersebut sangat membantu. Narmi mengaku sehari-hari menjadi buruh gendong di Pasar Nogosari mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB.

“Puasa ini tetap bekerja, ya capai tapi tetap semangat untuk nanti persiapan Lebaran,” jelasnya. Sementara itu, Asisten I Setda Boyolali, Hendrarto Setyo Wibowo, mengungkapkan biasanya menjelang Lebaran, harga-harga kebutuhan pokok meningkat.

Untuk mendongkrak daya beli buruh gendong, petugas parkir, dan petugas kebersihan, Pemkab Boyolali memberikan bantuan dan bingkisan lebaran sekaligus untuk meringankan beban mereka jelang Lebaran 1444 Hijriah.

Sumber Dana Bantuan

Hendrarto menjelaskan ada dua sumber bantuan yang diserahkan dalam kegiatan tersebut. Sumber pertama dari APBD Boyolali 2023 untuk 380 orang. Masing-masing mendapat bingkisan senilai Rp350.000 dengan penerima tenaga buruh gendong pasar sebanyak 125 orang.

“Lalu untuk tenaga kebersihan 205 orang, dan petugas parkir area pasar Boyolali sebanyak 50 orang,” ungkapnya dalam sambutan acara. Paket sembako dari APBD berisi beras, gula pasir, minyak goreng, minuman sirop, kue lebaran, dan lain-lain.

Bantuan lain bersumber dari Baznas Boyolali berupa 147 paket sembako untuk 147 orang dengan sasaran yang sama yaitu buruh gendong, petugas parkir dan petugas kebersihan. Paket sembako dari Baznas juga berisi hampir sama seperti beras, gula pasir, minyak goreng, minuman sirop, dan kue lebaran.

“Mudah-mudahan ini jadi berkah bagi semua pihak, khususnya seperti apa yang dicita-citakan Pak Bupati dan Wakil  Bupati yaitu meningkatkan kesejahteraan dan menurunkan kemiskinan,” harapnya.

Ditemui seusai acara, Bupati Said mengungkapkan dengan adanya kegiatan pemberian bantuan sembako dan barang lainnya dapat menjalin dan merekatkan silaturahmi antara pemerintah dengan buruh gendong, petugas kebersihan, dan petugas parkir.

“Hari ini kami serahkan bingkisan kepada saudara-saudara kita semua. Semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tentunya bupati juga menitipkan salam kepada keluarga mereka semua,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya