SOLOPOS.COM - Suasana kawasan Objek Mata Air Cokro (OMAC) Kecamatan Tulung, Klaten, Selasa (21/3/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Objek Wisata Mata Air Cokro atau OMAC di Kecamatan Tulung, Klaten, bakal dibuka lagi setelah tutup hampir enam bulan untuk renovasi. Rencananya objek wisata andalan Klaten itu akan dibuka mulai Minggu (24/12/2023).

Harga tiket masuk objek wisata air milik Pemkab Klaten itu dipastikan tetap sama yakni Rp15.000 per orang. Pembukaan OMAC itu bersamaan dengan libur Natal 2024 yang bertepatan dengan akhir pekan pada Minggu (24/12/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Insyaallah akan dibuka lagi pada Minggu [24/12/2023]. Kami persiapkan untuk pembukaan kembali OMAC. Untuk tiket masuk tetap sama Rp15.000 per orang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (15/12/2023).

Nugroho mengatakan proses pembangunan objek wisata air OMAC Tulung, Klaten, dipastikan selesai pada Minggu (10/12/2023) lalu. Proyek tersebut didanai dari dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat.

“Tentunya kami merujuk dengan petunjuk juknis penggunaan DAK. Jadi sasarannya pembangunan TIC [tourism information center], kios kuliner maupun kios pembelanjaan, perbaikan gazebo, tempat parkir, serta taman,” kata Nugroho.

Soal pembenahan kawasan kolam, Nugroho mengatakan memang belum menyasar ke area itu. Rencananya, pembenahan kolam renang di kawasan objek wisata air milik Pemkab Klaten itu dilakukan pada 2024.

Sebelum renovasi, kondisi sejumlah fasilitas di objek wisata air OMAC Tulung, Klaten, sudah banyak bagian yang rusak. Salah satunya kondisi waterslide yang mangkrak sejak selesai dibangun pada 2009. Wahana itu dibongkar pada proyek renovasi kali ini.

OMAC merupakan wisata air dengan menyuguhkan sejumlah kolam dengan sumber air dari Umbul Ingas. Proyek renovasi kali ini dimulai sejak 1 Juli 2023 lalu. Anggaran bersumber dari DAK Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) senilai Rp5,1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya