SOLOPOS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, KGPAA Mangkunagoro X, GKP Mangkunagoro IX serta Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti duduk satu meja pada soft opening Taman Pracima atau Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran, Solo, Sabtu (21/1/2023). (Solopos.com/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — KGPAA Mangkunagoro X mengungkapkan Taman Pracima Pura Mangkunegaran Solo tidak hanya menjadi destinasi wisata fisik. Taman ini juga menawarkan banyak elemen wisata, mulai dari kuliner, busana, dan kesenian. Menu kuliner yang akan dihadirkan di antaranya brubus serta dendeng age.

“Konsepnya seperti restoran pada umumnya. Tapi makanan yang kami angkat makanan khas Mangkunegaran, seperti makanan-makanan favorit dari eyang-eyang Mangkunagoro terdahulu,” ujar Mangkunagoro X, Sabtu (21/1/2023) siang.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ia menjelaskan menu kuliner yang disajikan merujuk kepada arsip-arsip di perpustakaan dan riset kajian dari para sesepuh. Kuliner brubus, jelas dia, merupakan olahan daging yang dibalut sayuran.

“Menu ini favorit Mangkunagoro VII. Ke depan kami akan bikin lebih banyak lagi seiring berjalannya waktu. Apalagi setelah grand opening pada Maret 2023,” ungkap dia.

Selain brubus, Mangkunagoro X menjelaskan ada menu dendeng age yang sebenarnya sudah lumayan umum di masyarakat. Namun dendeng age yang disajikan di Mangkunegaran hasil resep dan olahan yang spesial.

Mangkunagoro X mengatakan dua menu itu, yakni dendeng age dan brubus, disajikan untuk para tamu undangan saat soft opening Taman Pracima.

Ke depan, dia berencana menambah menu kuliner agar pengunjjung bisa menikmati sensasi racikan kuliner legendaris Mangkunegaran. “Hari ini sementara baru dua menu kuliner yang kami sajikan. Ke depan kami tambah lagi,” urai dia.

Mangkunagoro X menjelaskan kunjungan ke Taman Pracima masih dibatasi untuk beberapa waktu ke depan. Pihaknya masih memberlakukan sistem kuota untuk para wisatawan yang ingin melihat langsung taman itu.

“Beberapa sudah bisa besok [Minggu, 22 Januari 2023], tapi kuota sangat terbatas. Untuk menu akan lebih banyak hari Senin,” kata dia.

Mangkunagoro berharap kehadiran Taman Pracima berdampak positif untuk Solo. Walau saat ini masih ada beberapa detail pembangunan yang masih harus dikerjakan, seperti logo Mangkunegaran di Taman Pracima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya