SOLOPOS.COM - Ratusan pengendara motor memadati jalan kampung di Gilingan, Solo , Senin (17/7/2023) yang menjadi jalur alternatif dampak penutupan simpang Joglo. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO – Dinas Perhubungan (Dishub) Solo menambah manajemen rekayasa lalu lintas penutupan simpang empat Joglo. Pengaturan durasi lampu lalu lintas dioptimalkan serta pemasangan traffic cone di Jalan Letjen Sutoyo.

Dishub Solo langsung menggelar rapat evaluasi menyusul kemacetan parah akibat penutupan simpang tujuh Joglo, Senin (17/7/2023). Rapat tersebut dihadiri perwakilan Satlantas Polresta Solo, Satpol PP Solo dan instansi terkait lainnya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dalam kesempatan itu, Dishub Solo memaparkan kondisi kemacetan saat hari pertama masuk sekolah pada pagi hari. “Ada tujuh lokasi kemacetan yakni simpang Cengklik, sekitar Masjid Al Hakam, simpang Ngemplak, sisi Utara dan selatan Jembatan Abang. Kemudian, jembatan Nakula Sadewo dan simpang Kandang Sapi,” kata Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, Senin malam.

Guna meminalisasi kemacetan lalu lintas, pengaturan durasi lampu lalu lintas bakal dioptimalkan. Selanjutnya, menambah manajemen rekayasa lalu lintas dengan memasang traffic cone di ruas Jalan Letjen Sutoyo untuk mencegah kendaraan memutar yang berpotensi menimbulkan penumpukan kendaraan. “Median cor di kawasan Cengklik bakal dipindah agar kendaraan langsung bisa belok kiri ke Jalan Kol Sugiyono,” ujar dia.

Jumlah personel gabungan juga akan ditambah di sejumlah lokasi rawan kemacetan lalu lintas. Begitu pula anggota linmas bakal dikerahkan jika terjadi kemacetan parah saat jam masuk dan pulang sekolah.

Soal usulan pengaturan jam kerja aparatur sipil negara (ASN) dan siswa, Ari menyampaikan masih menunggu kebijakan dari instansi terkait. “Soal jam masuk siswa menunggu kebijakan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Solo. Sedangkan jam kerja ASN juga menunggu kebijakan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solo,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya