SOLOPOS.COM - Kodim 0726/Sukoharjo bersama masyarakat menanam pohon buah di seputaran Embung Sebo Menggolo, Dukuh Pecinan, Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (7/3/2023). (Istimewa/Kodim 0726/Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Sebanyak 1.500 batang pohon buah ditanam Kodim 0726/Sukoharjo di seputaran Embung Sebo Menggolo, Dukuh Pecinan, Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (7/3/2023). Gerakan reboisisasi dengan tanaman buah dilakukan sebagai langkah mengatasi hama monyet di wilayah setempat.

Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol (Czi) Slamet Riyadi, mengatakan penghijauan dilakukan untuk menjawab keluhan warga Gentan soal gangguan dan perusakan lahan pertanian oleh kawanan monyet Hutan Batu Seribu. Di sisi lain, monyet-monyet tersebut merupakan satwa endemik di wilayah kawasan hutan Batu Seribu Kecamatan Bulu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dandim menyebut penanaman pohon buah merupakan upaya dan siasat untuk memenuhi kebutuhan makan kawanan monyet. Nantinya monyet-monyet itutidak lagi mengganggu tanaman para petani karena kebutuhan makan mereka dipenuhi dari pohon buah yang ditanam.

“Penanaman bibit buah-buahan ini merupakan upaya kami dalam jangka panjang. Diharapkan setelah pohon tumbuh besar, subur dan berbuah, hasilnya dapat mengalihkan kawanan kera untuk tidak menyerang tanaman para petani karena populasinya semakin banyak,” jelas Dandim.

Dia mengatakan dengan adanya tanaman yang beragam, diharapkan dapat berbuah bergantian sepanjang waktu sehingga dapat mencukupi kebutuhan makan kawanan monyat. Dandim menyebut penghijauan dilakukan dengan penanaman pohon buah jambu air, jambu mete dan durian, dengan jumlah total 1.500 batang.

Lebih jauh Slamet Riyadi mengungkapkan banyaknya manfaat yang didapat dari penghijauan tersebut. Selain memenuhi kebutuhan makanan monyet, keberadaan pohon yang rindang dapat menyuplai banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh pohon. Sehingga diharapkan akan membuat lingkungan lebih segar, teduh, nyaman, dan asri.

Adanya penghijauan menurutnya juga akan memberikan perlindungan karena akar tunjangnya dapat melindungi tanah dari longsor. Selain itu reboisasi tersebut diharapkan dapat membantu penyerapan air hujan sehingga mencegah banjir dan kekeringan sumber air di Embung Sebo Menggolo. Mengingat kawasan Hutan Batu Seribu memiliki kontur perbukitan.

Kepala Desa Gentan, Kemis, mengatakan sejak lama kawanan monyet selalu mengganggu tanaman petani di desanya. Bahkan turunnya kawanan monyet ke perkebunan warga dinilai cukup merepotkan. Mereka juga sering menjadi penyebab gagal tumbuh dan gagal panen tanaman padi serta palawija.

“Berbagai upaya sudah kami lakukan termasuk hari ini. Berkat bantuan dari bapak-bapak TNI dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo, kami kembali melaksanakan penanaman pohon buah-buahan,” ujar Kemis.

Penanaman vegetasi buah-buahan yang semakin beragam juga dapat menunjang kawasan Batu Seribu ini menjadi obyek wisata yang semakin baik. Kemis berharap penghijauan tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat.

Gerakan penghijauan tersebut melibatkan anggota Kodim 0726/Sukoharjo, Pramuka dari Saka Wira Kartika Kecamatan Bulu, Polsek Bulu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo, Kades dan Perangkat desa Gentan serta para warga masyarakat Desa Gentan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya