SOLOPOS.COM - Sekda Karanganyar Timotius Suryadi secara simbolis menyerahkan bonus bagi atlet peraih medali di ajang Porprov Jateng 2023 pada Selasa (15/8/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kabupaten Karanganyar berhasil memboyong 55 medali di ajang Porprov Jawa Tengah XVI 2023. Atlet peraih medali langsung menerima bonus dari Pemkab Karanganyar. Total bonus yang dicairkan mencapai Rp1,807 miliar.

Bonus bagi para atlet peraih medali diserahkan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, di ruang Anthorium Rumah Dinas (Rumdin) Bupati pada Selasa (15/8/2023). Bupati mengapresiasi kontingennya yang mampu meraih prestasi. Dia meminta Bank Daerah Karanganyar selaku penyalur bonus atlet segera menyelesaikan pencairan transfer dana dalam sehari ini.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Perolehan medali Porprov ini cukup memuaskan. Ada peningkatan dibanding Porprov lima tahun lalu,” kata Juliyatmono seusai penyerahan bonus.

Dia meminta atlet rajin berlatih dan menggali informasi kemampuan lawan sebelum bertanding. Para atlet juga diminta terus mengasah kemampuan dengan mengikuti berbagai kompetisi. Hal ini dinilai akan mampu meningkatkan kemampuan para atlet itu sendiri.

Ketua KONI Karanganyar, Sumarno, mengatakan Kabupaten Karanganyar menduduki peringkat ke-23 di Porprov Jateng XVI 2023 dengan perolehan delapan medali emas, 15 perak dan 32 perunggu. Peringkat ini membaik dibanding Porprov Jateng 2018.

“Medali emas, perak dan perunggu berhasil diraih dari 20 cabang olahraga [cabor]. Total ada 34 cabor yang diikuti kontingen Karanganyar,” kata dia.

Sumarno mengatakan pada Porprov Jateng 2018 Karanganyar menempati posisi 29 dengan perolehan empat emas, tujuh perak, dan dan 15 perunggu. Kualitas atlet di masing-masing cabor saat ini juga meningkat.

Menurutnya Porprov Jateng 2023 yang berlangsung di Karisidenan Pati Raya bukan perhelatan mudah. Selain menghadapi lawan tangguh, para atlet juga harus beradaptasi dengan lingkungan baru. “Lingkungan sangat berbeda dari venue Soloraya,” katanya.

Peraih medali emas untuk perorangan menerima bonus Rp55 juta, peraih perak Rp25 juta, dan peraih perunggu Rp15 juta. Sementara bonus yang diberikan untuk peraih emas beregu lebih dari 5 orang mendapatkan bonus Rp75 juta, perak Rp30 juta dan perunggu Rp20 juta. Sedangkan peraih medali emas beregu kurang dari lima orang menerima bonus Rp60 juta, perak Rp25 juta dan perunggu Rp15 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya