SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO -- Meski dibayang-bayangi rasa kurang percaya diri alias PD, MAN 13 Jakarta akhirnya berhasil merebut satu tiket ke semifinal lomba cerdas cermat virtual Festival Ayo Membaca atau LCC virtual FAM 2021.

Menjadi satu-satunya peserta dari Jakarta, sekolah ini awalnya ketinggalan dalam perolehan nilai di lomba yang digelar secara virtual Jumat (29/1/2021) siang. Saat sesi pertanyaan wajib, MAN 13 Jakarta hanya mengumpulkan 50 poin hasil 5 kali menjawab benar dan 5 kali menjawab salah.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Perolehan nilai sekolah ini kalah dari SMAN 1 Gresik yang mengoleksi nilai 60. Pada sesi pertanyaan wajib, regu lain di babak penyisihan sesi terakhir atau VIII, SMAN 2 Karanganyar, hanya menghimpun poin 30.

Baca juga: OJK Beri Lampu Hijau Penggabungan 3 Bank Syariah Himbara

Situasi berubah saat Host LCC FAM 2021, Putu Narendra, membacakan 15 pertanyaan rebutan. Pada sesi ini, MAN 13 Jakarta tancap gas sehingga menambah nilai hingga meraih 90 poin.

Sementara nilai SMAN 1 Gresik tetap 60 dan SMAN 2 Karanganyar justru berkurang menjadi 15 poin.

Jalan MAN 13 Jakarta mengumpulkan poin tidaklah mudah. Setidaknya ada dua kali, sekolah tersebut harus merelakan nilai berkurang karena salah memilih jawaban.

Baca juga: Covid-19 Masih Mewabah, UEFA Pastikan Euro 2020 Tetap Digelar di 12 Negara

Refleks Saat Menjawab

Nggak nyangka bisa menang Kak. Degdegan banget. Refleks saja tadi [saat menjawab],” kata peserta dari MAN 13 Jakarta, Shafa Shalsabila dan Abrar Adzkia Ahmad, saat ditanya host begitu dinyatakan menang.

Saat lomba berlangsung, dukungan tak henti dilontarkan para pendukung MAN 13 Jakarta, SMAN 2 Karanganyar, dan SMAN 1 Gresik melalui kolom komentar di Youtube SoloposTV, Facebook Solopos.com, dan Instagram @koransolopos.

Ketua Panitia FAM 2021, Danang Nur Ihsan, saat ditemui Solopos.com, Jumat, mengatakan sesi terakhir babak penyisihan LCC FAM 2021 berjalan cukup menarik. “Dari ketinggalan, MAN 13 Jakarta berhasil membalik keadaan hingga menang. Kini MAN 13 Jakarta harus bersiap karena mereka akan menghadapi tim-tim yang tak kalah keren,” ujar Danang.

Baca juga: Kenali Kontak Erat, Cegah Penularan Covid-19

Dengan berakhirnya babak penyisihan sesi VIII LCC FAM 2021, berarti sudah ada delapan sekolah yang memastikan diri masuk ke babak semifinal.

Delapan sekolah tersebut adalah SMAN 4 Solo, SMA Al Azhar Syifa Budi Solo, SMAN Kerjo Karanganyar, SMAN 1 Karanganyar, SMAN 3 Solo, SMAN 2 Nganjuk, SMA Muhammadiyah PK Solo, dan MAN 13 Jakarta.

Semifinal lomba yang didukung Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Yamaha Indonesia, Indosat Ooredoo, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, dan Dinas Pendidikan Jawa Tengah ini akan digelar pada Senin tanggal 1 Februari 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya