SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) saat melangsungkan pertemuan tertutup dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kiri), Jakarta, Minggu (9/7/2023). (ANTARA/HO-Tim Media Prabowo)

Solopos.com, SOLO—Ribuan mobil dan bus yang mengangkut kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari berbagai daerah di Tanah Air akan masuk ke Kota Solo. Kedatangan para kader PKB itu untuk mengikuti acara puncak Harlah ke-25 PKB di Stadion Manahan, Minggu (23/7/2023).

Informasi tersebut disampaikan Ketua DPC PKB Solo, Moh Chamim Irfani, saat diwawancara Solopos.com, Jumat (21/7/2023). “Untuk jumlah bus sampai hari ini terdata 1.025 unit, dan untuk mobil-mobil pribadi dipastikan ribuan unit itu,” ungkap dia.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Rombongan para kader PKB akan datang secara bergelombang dari berbagai arah menuju Solo. Diprediksi akan ada 50.000 kader PKB yang membanjiri Stadion Manahan Solo pada Minggu. Jalan tol akan menjadi salah satu jalur para kader itu menuju Solo.

Sehingga DPC PKB Solo, menurut Chamim, terus menginformasikan pintu-pintu tol yang dapat dilalui mereka. “Kami sudah informasikan pintu-pintu keluar tol kepada panitia pusat. Sebisa mungkin teman-teman tidak keluar di gerbang tol Gondangrejo,” kata dia.

Hal itu, menurut Chamim, dikarenakan gerbang tol Gondangrejo mengarah ke Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, yang sedang ditutup total. Penutupan itu berdampak kepada kepadatan hingga kemacetan ruas-ruas jalan yang terhubung ke Simpang Joglo dan sekitarnya.

“Kami sudah informasikan pintu tol. Karena Joglo kan tutup, sehingga agar tidak lewat gerbang tol Gondangrejo. Kami informasikan lokasi-lokasi pintu keluar tol yang bisa dilewati seperti di Kebakkramat, lalu gerbang tol sebelah barat Kartasura, serta gerbang tol lainnya,” terang dia.

Chamim juga menyampaikan pihaknya sudah menginformasikan daftar rest area jalan tol mendekati wilayah Solo. Mereka diharapkan terlebih dulu makan sebelum masuk Solo. Sehingga ketika masuk kawasan Stadion Manahan mereka hanya membawa snack.

“Kami juga informasikan ke peserta luar daerah untuk istirahat sebelum masuk Solo. Saat keluar gerbang tol lalu ke Manahan sudah tidak anu lah, hanya membawa minuman ringan, snack. Jadi untuk tidak membawa makanan berat saat ke lokasi acara,” terang dia.

Sebagai tuan rumah, menurut Chamim, DPC PKB Solo merasa gembira atas ditunjuknya Stadion Manahan Solo sebagai lokasi acara puncak Harlah ke-25 PKB. Sehingga berbagai persiapan terus dilakukan agar penyelenggaraan acara tersebut bisa lancar.

“Kami merasa gembira ditempati sebagai kegiatan Harlah ke 25, di Stadion Manahan. Kami semaksimal mungkin sebagai tuan rumah, dalam waktu yang singkat, untuk menerima. Acara dijalankan langsung DPP, kami membantu kecil-kecil,” urai dia.

Di sisi lain, kedatangan puluhan ribu kader PKB ke Solo akhir pekan ini berpotensi memicu terjadinya kemacetan lalu lintas. Sebab beberapa waktu terakhir kondisi lalu lintas Solo sudah cukup padat karena imbas penutupan Simpang Joglo untuk konstruksi proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya