SOLOPOS.COM - Pekerja mengecat ulang pintu palang perlintasan Joglo yang sudah dipindah ke sisi selatan rel kereta api (KA) Joglo, Banjarsari, Solo, Rabu (20/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Palang pintu perlintasan kereta api (KA) di simpang tujuh Joglo, Banjarsari, Solo, khususnya yang sisi utara sudah digeser ke selatan sejauh tiga meter per Senin (18/7/2022). Nantinya, saat pengerjaan detour track selesai perlintasannya juga akan digeser.

Dalam pengamatan Solopos.com, Rabu (20/7/2022), palang pintu kini sudah bergeser tiga meter ke arah selatan dari posisi semula. Ada dua palang pintu saat ini di lokasi tersebut. Satu pintu menutup Jl Manunggal dan satu lagi menutup Jl Pemugaran Utama.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Detour track juga sudah dibangun tepat di sebelah rel lama. Meski demikian, detour track belum difungsikan untuk jalur lalu lintas kereta api.

Site Manager Proyek Pembangunan Jalur KA Elevated Solo Balapan-Kadipiro, Dendy Purbowo, kepada Solopos.com, Rabu(20/7/2022), mengatakan palang perlintasan simpang Joglo digeser per Senin (18/7/2022). 

“Untuk yang palang pintu perlintasan sebelah utara sudah digeser pada Senin. Kami geser karena pengerjaan detour track sedang digarap, jadi diperlukan pergeseran palang pintu perlintasan. Demi keamanan para pengguna jalan,” ungkapnya.

Baca Juga: Detour Track Simpang Joglo Solo Belum Kelar, Ternyata Ini Penyebabnya

Sedangkan untuk palang pintu perlintasan yang sebelah selatan, Dendy menyebut masih menunggu selesainya pengerjaan detour track. Karena jika digeser saat ini juga, detour track belum selesai sehingga tidak bisa berfungsi maksimal.

Pembongkaran Rumah

“Yang satunya akan digeser pada 10 Agustus, karena menunggu detour track selesai dan menyambungkan relnya dulu. Kalau digeser sekarang, nantinya justru tidak bisa berfungsi dengan baik,” ulasnya.

Sementara itu, selain pemindahan palang pintu perlintasan, Dendy mengatakan timnya juga masih mengerjakan pembongkaran rumah di kawasan Simpang Joglo, Solo. Nantinya akan dibangun tembok bagi warga yang rumahnya hanya terkena sebagian.

“Sisa dari rumah yang dibebaskan nantinya harus dibangun tembok, karena ada beberapa rumah yang hanya terkena sebagian. Jadi tembok depan rumah mereka itu dimundurkan dulu, baru tembok lama dibongkar,” lanjut Dendy.

Baca Juga: Detour Track KA Simpang Joglo Solo Dikebut, Gardu Pengawas Digeser

Seperti diketahui, setelah menyelesaikan pemasangan box culvert untuk pemindahan saluran air, pekerja di lokasi proyek rel layang itu melanjutkan dengan membuat detour track. Penyelesaian pembuatan detour track ini agak molor dari jadwal yang ditetapkan semula pada 8 Juli 2022.

Hal itu dikarenakan masih banyaknya bangunan rumah warga terdampak detour track yang belum dibongkar. Meski molor, Dendy mengatakan pengerjaan proyek itu masih sesuai timeline yang ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya