SOLOPOS.COM - Tim gabungan membersihkan dan mengevakuasi material longsor di jalan kawasan Irung Petruk, Cepogo, Boyolali, Jumat (24/5/2024) malam. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Tebing di sekitar tikungan Irung Petruk, Genting, Cepogo, Boyolali, longsor pada Jumat (24/5/2024) sore. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali masih melakukan proses evakuasi material longsor yang memenuhi jalan.

Untuk memperlancar proses evakuasi itu diberlakuka sistem buka tutup jalur untuk lalu lintas kendaraan. Kepala BPBD Boyolali, Suratno, menyampaikan longsor menimpa jalur Solo-Selo-Borobudur di bawah tebing.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Suratno menjelaskan tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Boyolali, Bina Marga Jawa Tengah, Satlantas Polres Boyolali, Polsek Cepogo, Koramil Cepogo, dan PMI Boyolali, bersama warga sedang mengevakuasi material tanah longsor di bawah tebing tikungan Irung Petruk.

“Saat pembersihan atau evakuasi material longsor, arus lalu lintas baik roda dua dan empat diatur secara buka-tutup,” ungkapnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat malam.

Selanjutnya, ia menjelaskan tebing tanah yang longsor berukuran lebar sekitar 7 meter, tinggi 7 meter, dan tebal 2 meter. “Saya mengimbau kepada pengguna jalan jalur SSB tepatnya di lokasi longsor agar berhati-hati karena jalan sangat licin. Adanya material longsoran yang becek sehingga memungkinkan terjadinya bahaya yang mengancam,” kata dia.

Sementara itu, Camat Cepogo, Dwi Sundarto, menjelaskan longsor tebing di sekitar Irung Petruk, Boyolali, itu terjadi pada Jumat sekitar pukul 16.20 WIB. Ia menjelaskan tebing terbawa air mengakibatkan longsor di badan jalan SSB wilayah Desa Genting dengan ketebalan sekitar 80 cm.

“Longsor akibat hujan deras. Akibat longsor tersebut mengganggu perjalanan arus lalu lintas jalan SSB atau jalan Boyolali-Magelang,” kata dia.

Dwi menjelaskan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Ia mengatakan hujan juga sudah reda. Beberapa kendaraan dialihkan lewat jalan kampung Dukuh Kadipiro dan Dukuh Genting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya