SOLOPOS.COM - Komunitas Isuzu Panther Solo Raya (KIPS) buka puasa bersama tukang becak, pengemudi taksi, tukang parkir, dan masyarakat sekitar di Terminal Sukoharjo pada Minggu (2/4/2023). (istimewa/KIPS)

Solopos.com, SUKOHARJO — Tradisi bukber atau buka puasa bersama tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan, tetapi juga oleh komunitas otomotif seperti Komunitas Izusu Panther Solo Raya (KIPS).

Bertempat di kompleks Terminal Sukoharjo, KIPS mengadakan buka puasa bersama tukang becak, pengemudi taksi, tukang parkir, dan masyarakat sekitar pada Minggu (2 /4/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Dengan berbuka puasa bersama tukang becak, pengemudi taksi, tukang parkir, dan masyarakat, bisa menambah keimanan, menjalin dan meningkatkan tali silaturahmi dengan mereka. Sebagai komunitas otomotif hendaknya bisa berguna bagi masyarakat,” kata Koordinator KIPS Peduli Mubarokah.

“Dalam puasa kita dianjurkan untuk memperbanyak sedekah dan menebar kebaikan dalam berbagai bentuk. Pahala besar akan menanti apabila kita memberikan makan dan minum untuk berbuka bagi mereka yang berpuasa,” tambah Mubarokah.

Pada hari itu, KIPS juga membagikan total 2.370 bungkus takjil kepada para pengguna jalan yang melintas di empat tempat yaitu di Terminal Sukoharjo (525 bungkus), traffic light Gondang Winangun Klaten (625 bungkus), Exit Toll Kebakkramat Karanganyar (720 bungkus), dan Perempatan Doplang Karangpandan (500 bungkus).

Ketua KIPS Robiyanto mengatakan acara yang seperti itu perlu dipertahankan karena selain dapat memupuk tali silaturahmi juga dapat membangun rasa kekeluargaan antara KIPS dengan masyarakat.

“Sebagai salah satu tradisi di bulan Ramadan, dengan bukber bareng masyarakat harapannya bisa membangun kebersamaan dan silaturahmi KIPS dengan masyarakat,” Kata Robiyanto.

Tampak senyum dan canda terlihat di setiap wajah dalam acara tersebut. Salah satu pengemudi taksi, Eko Winaryo, 51, asal Jati, Bendosari, Sukoharjo, mengaku senang bisa berbuka puasa bersama KIPS.

“Kami bangga dan senang, ternyata mereka [KIPS] ramah-ramah dan suka bercanda. Sama-sama sopir, hanya beda nasib,” kata Eko.

Pejabat humas KIPS Agus Sriyanto menyebutkan acara itu bagian dari agenda sosial yang dilakukan KIPS.

“Selain acara buka puasa, ada juga rangkaian acara baksos lainnya seperti khitan massal gratis di Desa Jurangjero, Klaten pada Minggu, 7 Mei 2023. Agustus mendatang, KIPS bersama donatur akan membantu pembuatan sumur dalam di tiga titik di wilayah Wonosamodro, Boyolali,” ungkap Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya