SOLOPOS.COM - Bus PO Suharno rute Solo-Jogja menunggu penumpang di Terminal Tirtonadi Solo, Jumat (10/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com Stories

Solopos.com, SOLO — Persaingan ketat dengan bus Suroboyonan maupun dengan kereta rel listik (KRL) membuat sejumlah perusahaan otobus atau PO yang beroperasi di trayek Solo-Jogja perlahan-lahan menghilang dari peredaran.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Berdasarkan data yang diperoleh Solopos.com dari Kepala Urusan Lalu Lintas Terminal Tirtonadi Solo, Sunardi, sampai saat ini, bus Solo-Jogja yang beroperasi tinggal lima PO dari sebelumnya 11 PO. Artinya sudah ada enam PO yang gulung tikar dan tak mampu bertahan.

“Sekarang yang masih aktif ada lima PO, yang masih jalan. Itu pun dulunya ada belasan unit, sekarang tinggal dua, empat, tujuh unit,” terangnya saat ditemui Solopos.com di Kantor Terminal, akhir pekan lalu.

Sunardi mengakui banyaknya PO yang gulung tikar tak lepas dari ketatnya persaingan. Berdasarkan data Terminal Tirtonadi, Solo, ada 11 PO bus Solo-Jogja yang pernah beroperasi yakni Langsung Jaya, Baker, Srimulyo, Suharno, Pratama Mulya, Langen Mulyo, Putra Jaya, Merdeka, Antar Jaya, Sedya Utama, dan Jaya Putra.

Dari 11 PO yang pernah beroperasi itu, kata Sunardi, lima PO yang masih bertahan, yakni Langsung Jaya (4 unit bus), Sedya Utama (7 unit bus), Suharno (7 unit bus), Putra Jaya (2 unit bus, dan Jaya Putra (2 unit bus). Total bus yang beroperasi dari lima PO itu 22 unit.

Baca Juga: Perbandingan Naik Bus Solo-Jogja Versus KRL: Cerita Pengalaman Langsung

Lainnya yakni Baker, Sri Mulyo, Pramata Mulya, Langen Mulyo, Merdeka, dan Antar Jaya, kini sudah menghilang dari trayek tersebut. Bus-bus yang masih bertahan pun saat ini kondisi sepi penumpang.

Andalkan Penumpang Setia

“Ya akhir-akhir ini tambah sepi, enggak sampai penuh seperti dulu, setengahnya saja ndak ada,” ucap Purwanto, 49, sopir bus Sedya Utama saat diwawancarai Solopos.com di pemberangkatan pintu keluar sisi barat Terminal Tirtonadi Solo, akhir pekan lalu.

Purwanto mengatakan PO bus Solo-Jogja kini hanya mengandalkan penumpang setia dari kalangan pedagang pasar yang mencari penghasilan di Kota Batik ini. Selain pedagang pasar, sebagian dari warga asli Klaten, Prambanan, yang bermobilitas di rute Solo-Jogja.

bus solo-jogja PO
Kondisi bagian dalam bus Solo-Jogja saat menunggu penumpang di Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (10/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

“Yang naik ini ya kebanyakan langganan lama, jarang ada anak muda, rata-rata sudah pada kenal semua, pedagang-pedagang pasar sini yang rumahnya Klaten, Prambanan, masih ikut [naik bus Sedya Utama],” ucap pria asal Polanharjo, Klaten, itu.

Baca Juga: Masih Ada Harapan Untuk Bus Solo-Jogja? Ini Kata Pengamat Transportasi

Purwanto tidak menampik banyak penumpang bus yang kini beralih ke KRL Solo-Jogja. “Ya kalau mereka [penumpang] mau milih itu [KRL] ya mau gimana lagi, wong ya sekarang apa-apa maunya yang praktis ta? Apalagi yang muda-muda itu. Engga apa-apa pilihan masing-masing, setidaknya di sini masih ada, ya walau ndak banyak,” ucapnya.



Mujianto, supir bus Langsung Jaya, juga mengatakan masih mencoba bertahan meski hanya mengangkut 8-10 penumpang sekali jalan. Baginya tidak ada pilihan lain di saat keadaan yang minim lapangan pekerjaan.

Banting Setir

“Ya dibetah-betahin aja seadanya. Banyak temen-temen lain udah pada banting setir, jadi kuli, kerja di bangungan serabutan, ya gitu. Busnya mangkrak, enggak ada setoran, habis buat beli solar,” ujarnya.

Head Manager PT Suharno Ragil Putra, Arif Indra Jati, menyebut PO Suharno sudah mengikuti semua regulasi yang diberikan Kemenhub mengenai usia dari bus yang beroperasi.

Baca Juga: Tanpa Inovasi, Bus Solo-Jogja Diprediksi Bakal Hilang Dalam 3 Tahun

“Sesuai regulasi Kemenhub 2015 armada angkutan umum maksimal 25 tahun, armada Suharno paling tua tahun 1999 bermesin Mercedez Benz OF1113 atau sering disebut Mercy Prima dan yang paling muda 2016 bermesin Hino R260 mesin depan, yang biasa disebut Hino Lohan.” ungkap Indra.

PO Suharno juga sempat mengajukan untuk menambah jam operasional trayek, tetapi belum disetujui. “Jika menambah jam trayek dalam waktu dekat ini belum ada rencana untuk menambah, karena 2019 saya pernah mengajukan ke kemenhub untuk trayek Yogya-Solo belum bisa.” ungkapnya.

Penambahan jam trayek diyakini menjadi salah satu usaha untuk bus bumel tetap eksis, karena bisa membuat penumpang merasa nyaman karena tepat waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

1 Mei Hari Buruh, Cek Jadwal Perjalanan KA Banyubiru Solo-Semarang Rabu Ini

1 Mei Hari Buruh, Cek Jadwal Perjalanan KA Banyubiru Solo-Semarang Rabu Ini
author
Rohmah Ermawati Rabu, 1 Mei 2024 - 05:55 WIB
share
SOLOPOS.COM - KA Banyubiru dengan rute Solo-Semarang dan sebaliknya saat melintasi sekitar Masjid Sheikh Zayed Solo. (Istimewa/Instagram KAI).

Solopos.com, SOLO—Tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh dan menjadi hari libur nasional di Indonesia. Bagi Anda yang ingin bepergian pada hari ini, simak jadwal perjalanan kereta api (KA) Banyubiru rute Solo-Semarang pulang pergi (PP), Rabu (1/5/2024).

Perjalanan dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang Semarang memakan waktu sekitar dua jam dengan menaiki KA Banyubiru. Kereta yang beroperasi pada weekday maupun weekend tersebut menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat yang akan bepergian dari Solo ke Semarang maupun sebaliknya.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Menurut Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daops 4 Semarang, Franoto Wibowo, KA Banyubiru dengan jadwal keberangkatan pagi cenderung menjadi favorit ketimbang jadwal sore/malam.

Hal itu salah satunya karena KA Banyubiru banyak diminati oleh para pekerja dan wisatawan. “Selain itu, kalau pagi banyak penumpang yang berwisata ke daerah Solo seperti Masjid Sheikh Zayed,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, beberapa waktu lalu.

Diberitakan, PT KAI mengoperasikan kembali KA Banyubiru per 1 Juni 2023 setelah sebelumnya vakum selama sekitar 10 tahun.

“Kereta api ini diharapkan menjadi pilihan layanan mobilitas masyarakat Jawa Tengah,” kata Direktur Utama (Dirut) PT KAI Didiek Hartantyo saat peluncuran KA Banyubiru di Stasiun Tawang Semarang, Kamis (1/6/2023) lalu, seperti dilansir Antara.

Koran Solopos

Dia menjelaskan Banyubiru diambil dari nama yang dekat dengan masyarakat Jawa Tengah. “Banyu artinya air, biru mencerminkan keindahan alam,” katanya. KA Banyubiru sendiri terdiri atas tiga rangkaian kereta ekonomi dan empat rangkaian kereta eksekutif dengan total 431 tempat duduk.

Untuk diketahui, jadwal keberangkatan pertama kereta dari Solo–Semarang ini dimulai pukul 10.40 WIB–pukul 12.42 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 2 menit). Sedangkan keberangkatan kedua yakni sore hari pukul 17.15 WIB–pukul 19.31 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 16 menit).

Rute KA Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan menuju Semarang akan berhenti di beberapa tempat, misalnya Stasiun Salem Grobogan, Stasiun Gundih di Grobogan, Stasiun Brumbung di Demak,  dan berakhir di Stasiun Semarang Tawang.

Destinasi Wisata

Perjalanan KA Banyubiru melintas sejumlah stasiun yang unik dan legendaris. Stasiun Salem di Gemolong dan Stasiun Gundih di Grobogan dibangun pada 1870. Selanjutnya, Stasiun Brumbung di Demak dibangun pada 1867, disusul Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dibangun pada 1914.

Rute yang dilintasi juga cukup legendaris karena merupakan jalur KA pertama dan tertua di Indonesia yang dibangun perusahaan KAI milik Hindia Belanda atau Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Selain itu, destinasi wisata yang bisa dikunjungi dengan perjalanan kereta api ini cukup banyak. Pertama, di Kota Solo warga bisa mengunjungi Masjid Sheikh Zayed, Masjid Agung Solo, Pracima Tuin Pura Mangkunegaran, Keraton Solo, hingga Solo Safari Zoo.

Selanjutnya, dari Solo kereta bakal berhenti di Salem, Gemolong, Sragen. Beberapa destinasi wisata Sragen yang bisa dikunjungi yakni Museum Sangiran, Objek Wisata Sendang Kun Gerit, juga New Gunung Kemukus.

Selanjutnya kereta berhenti di Gundih, Grobogan. Destinasi wisata di Grobogan yakni Bledug Kuwu, Air Terjun Widuri, Waduk Nglangon
Sendang Teleng Kalibiru, hingga Air Terjun Gulingan.

Perjalanan dilanjutkan ke Stasiun Brumbung di Demak. Wisata yang layak dikunjungi yakni Masjid Agung Demak, Makam Terapung Syekh, Mudzakir, Hutan Mangrove Morosari Sayung, Brown Canyon Demak, Desa Wisata Tlogoweru, dan Taman Air Polaris.

Emagazine Solopos

Destinasi terakhir KA Banyubiru adalah di Stasiun Semarang Tawang. Sejumlah destinasi wisata di Semarang yang layak dikunjungi yakni Lawang Sewu, Saloka Theme Park, Klenteng Sam Poo Kong, Kota Lama Semarang, Pagoda Avalokitesvara, Kampung Pelangi, hingga Museum Ranggawarsita.

Jadwal Lengkap KA Banyubiru

Mengutip informasi yang dihimpun dari KAI Access, berikut jadwal dan rute lengkap lengkap KA Banyubiru hari ini, Rabu (1/5/2024):

1. Jadwal Pagi Solo-Semarang

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Semarang Tawang

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal Rp75.000 sekali jalan.

Stasiun Solo Balapan: berangkat pukul 10.40 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 11.00 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 11.24 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 12.25 WIB

Tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 12.42 WIB

Interaktif Solopos

2. Jadwal Sore Solo-Semarang

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Semarang Tawang.

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif dibanderol Rp75.000 sekali jalan.

Stasiun Solo Balapan: berangkat pukul 17.15 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 17.35 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 17.59 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 19.14 WIB

Tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 19.31 WIB

3. Jadwal Pagi Semarang-Solo

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Solo Balapan

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal dibanderol Rp75.000 sekali jalan.



2. Jadwal Sore Solo-Semarang

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Semarang Tawang.

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif dibanderol Rp75.000 sekali jalan.

Stasiun Solo Balapan: berangkat pukul 17.15 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 17.35 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 17.59 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 19.14 WIB

Tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 19.31 WIB

3. Jadwal Pagi Semarang-Solo

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Solo Balapan

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal dibanderol Rp75.000 sekali jalan.



Stasiun Semarang Tawang: berangkat pukul 07.50 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 08.10 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 09.11 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 09.35 WIB

Tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 09.55 WIB

4. Jadwal Sore Semarang-Solo

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Solo Balapan

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal dibanderol Rp75.000 sekali jalan.

Stasiun Semarang Tawang: berangkat pukul 20.45 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 21.04 WIB



Stasiun Gundih: berangkat pukul 22.17 WIB

Tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 22.56 WIB

Tips Membeli Tiket KA Banyubiru

Pembelian tiket KA Banyubiru salah satunya  bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Calon penumpang bisa membuka aplikasi tersebut, klik pilihan KA Antar Kota.

Setelah itu, pilih stasiun asal yakni Solo Balapan dengan tujuan Semarang. Nanti bakal ada beberapa pilihan kereta menuju Semarang, salah satunya Banyubiru.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Sidik Korupsi Kelengkapan Rumah Jabatan 2020, KPK Geledah Gedung DPR

Sidik Korupsi Kelengkapan Rumah Jabatan 2020, KPK Geledah Gedung DPR
author
Newswire , 
Anik Sulistyawati Rabu, 1 Mei 2024 - 05:37 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi KPK (Solopos)

Solopos.com, JAKARTA – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di salah satu ruangan Gedung DPR RI terkait dengan penyidikan dugaan korupsi pengadaan sarana kelengkapan rumah jabatan anggota DPR pada tahun anggaran 2020.

“Benar ada, kegiatan tersebut dalam rangka pengumpulan bukti perkara yang sedang KPK selesaikan,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (30/4/2024) seperti dilansir Antaranews.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Meski demikian, Ali tidak menjelaskan lebih lanjut soal ruang apa aja yang digeledah oleh tim penyidik KPK dan apa saja temuan dalam penggeledahan tersebut.

Sebelumnya, KPK pada hari Jumat (23/2/2024) mengumumkan telah memulai penyidikan perkara dugaan korupsi pengadaan sarana kelengkapan rumah jabatan anggota DPR RI pada tahun anggaran 2020.

Koran Solopos

Menurut Ali Fikri, peningkatan status perkara ke tahap penyidikan sudah disepakati pimpinan KPK, pejabat struktural Kedeputian Penindakan KPK, serta penyidik dan penuntut KPK.

“Melalui sebuah gelar perkara, disepakati naik pada penyidikan terkait dengan dugaan korupsi untuk pengadaan kelengkapan rumah jabatan di DPR RI,” kata Ali di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jakarta, Jumat (23/2/2024).

Berdasarkan Undang-Undang KPK, setiap perkara yang telah naik ke tahap penyidikan pasti turut disertai dengan penetapan tersangka. Meski demikian, pengumuman pihak yang ditetapkan sebagai tersangka beserta pasal yang disangkakan dan konstruksi perkara akan dilakukan saat konferensi pers terkait dengan penahanan.

Emagazine Solopos

“Pasti kami sampaikan, ya. Pada prinsipnya, KPK pasti terbuka menyampaikan seluruh kegiatan dari penindakan ini, tetapi tentu ada batasan-batasan,” tambah Ali.

Walau demikian, Ali mengungkapkan bahwa tim penyidik KPK menerapkan pasal soal kerugian keuangan negara dengan nilai kerugian miliaran rupiah.

Ali mengatakan bahwa seluruh detail perkara tersebut akan dibuka seluas-luasnya kepada publik dalam proses persidangan sehingga seluruh masyarakat bisa menilai hasil kerja KPK dalam pemberantasan korupsi.

Interaktif Solopos

Terkait dengan penyidikan tersebut, tim penyidik KPK juga turut memeriksa Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar soal lelang pengadaan sarana kelengkapan rumah jabatan anggota DPR RI pada tahun anggaran 2020.

Hal yang sama juga dikonfirmasi penyidik KPK terhadap Hiphi Hidupati selaku PNS Setjen DPR RI dan Kepala Bagian Pengelolaan Rumjab DPR RI.

“Keduanya hadir dan dikonfirmasi di antaranya kaitan proses awal tahap perencanaan, tahap lelang dan pelaksanaan dari pengadaan sarana kelengkapan rumah jabatan anggota DPR RI TA 2020,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Aii Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (15/3/2024).



Meski demikian, Ali belum memberikan informasi lebih lanjut soal apa saja temuan tim penyidik dalam pemeriksaan tersebut.

Indra menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (14/3/2024), selama kurang lebih 6 jam, mulai 08.30 hingga 14.28 WIB.

Seusai diperiksa KPK sebagai saksi, Indra memilih untuk irit bicara usai diperiksa KPK. “Tanya penyidik ya,” kata Indra saat meninggalkan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis waktu itu.

Ia juga tidak memberikan komentar soal pertanyaan apa saja yang disodorkan penyidik terhadap dirinya. “Tadi ditanya penyidik puasa atau enggak,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Boyolali Mendung Hampir Sepanjang Hari, Cek Prakiraan Cuaca Rabu 1 Mei

Boyolali Mendung Hampir Sepanjang Hari, Cek Prakiraan Cuaca Rabu 1 Mei
author
Suharsih , 
Suharsih Rabu, 1 Mei 2024 - 05:15 WIB
share
SOLOPOS.COM - Cuaca cerah berawan di Desa Catur, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Mendung mendominasi prakiraan cuaca Boyolali pada hari ini, Rabu (1/5/2024). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menginformasikan tidak ada hujan dan sempat cerah berawan.

Suhu udara relatif hangat dengan suhu terendah menurut laman resmi BMKG yakni 22 derajat Celsius pada dini hari sedangkan suhu tertinggi 31 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pergerakan angin terpantau dari tenggara dan timur sepanjang hari dengan kecepatan 10-20 km/jam. Prakiraan cuaca BMKG dilaporkan setiap hari melalui laman resminya dengan pembaruan per tiga jam dimulai pada pukul 01.00 WIB.

Prakiraan cuaca Boyolali berawan pada dini hari itu dengan suhu udara 22 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 90% dan angin terpantau dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Menjelang Subuh pukul 04.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara naik jadi 23 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara bertahan di angka 90%. Angin lanjut dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Langit berubah cerah berawan pada pagi hari pukul 07.00 WIB. Suhu udara naik jadi 27 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara juga turun jadi 85%. Angin belum berubah arah dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Cuaca kembali berawan menjelang siang pukul 10.00 WIB. Suhu udara naik jadi 30 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun ke angka 65%. Angin masih dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Emagazine Solopos

Boyolali juga berawan pada prakiraan cuaca siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke titik tertinggi yakni 31 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara sama yakni 65%. Angin berubah arah dari tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Sore hari pukul 16.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara turun jadi 28 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 75%. Angin dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Bergeser ke malam hari pukul 19.00 WIB, cuaca lanjut berawan. Suhu udara turun ke angka 27 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara bertahan di angka 80%. Angin masih dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pada pukul 22.00 WIB, cuaca cerah berawan dengan suhu udara turun jadi 25 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 85%. Angin terpantau dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories