SOLOPOS.COM - RUANG BARU -- Ruang Bale Tawangarum di Kompleks Balaikota Solo saat digunakan untuk sebuah acara. Sebuah ruang audio visual baru akan dibangun untuk mengakomodasi kebutuhan yang makin meningkat. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Solo (Solopos.com) – Sebuah ruang berfasilitas audio visual modern bakal disiapkan Pemkot Solo untuk menerima kunjungan tamu di lantai II gedung baru Sekretariat Daerah (Setda) di Kompleks Balaikota. Anggaran senilai Rp 270 juta dalam APBD Perubahan (APBD-P) 2011 untuk tahap awal pembuatan ruangan tersebut.

RUANG BARU -- Ruang Bale Tawangarum di Kompleks Balaikota Solo saat digunakan untuk sebuah acara. Sebuah ruang audio visual baru akan dibangun untuk mengakomodasi kebutuhan yang makin meningkat. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kabag Umum Setda Solo, Suwarta, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (5/10/2011) mengungkapkan banyaknya tamu yang berkunjung ke Solo, baik untuk kunjungan kerja, studi banding ataupun untuk keperluan lainnya dari berbagai daerah membuat Pemkot kewalahan. Menurutnya, dalam sepekan, kunjungan yang dijadwalkan hanya pada Kamis dan Jumat itu bisa mencapai lebih dari 10 rombongan.

“Hal itu membuat kami cukup kewalahan, harus melayani mereka satu per satu dan menyesuaikan tujuan kunjungan itu dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait. Dengan adanya ruang pertemuan berfasilitas audio visual itu akan memudahkan kami sekaligus memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada rombongan tamu,” jelas Suwarta.

Mengenai anggarannya, Suwarta menjelaskan untuk tahun ini dialokasikan dalam APBD-P senilai Rp 270 juta. Dana itu sepertinya memang masih belum mencukupi. Namun pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin menggunakan anggaran yang ada. Tentunya dengan memrioritaskan hal-hal pokok seperti pengadaan kursi, layar atau slide, dan sebagainya.

Suwarta yang sehari sebelumnya telah meninjau lokasi mendampingi Walikota Solo, Joko Widodo, mengungkapkan ruang pertemuan dan penerimaan kunjungan tamu itu nanti, sesuai keinginan Jokowi, akan dibuat mirip gedung bioskop dengan kapasitas 60 tempat duduk yang ditata berundak-undang. Layar dan sound system akan dibuat dengan kualitas sebagus mungkin, sehingga selain nyaman, para tamu juga akan mendapat penjelasan yang memuaskan mengenai Kota Solo.

Sementara itu, Jokowi mengatakan ruang audio visual berukuran 14 x 17 meter itu akan dibuat supermodern. Diharapkan, ruangan itu sudah selesai disiapkan pada Desember 2011 mendatang. “Jadi nanti untuk menerima kunjungan tamu dari berbagai daerah, welcome dinner, resepsi kongres dan sebagainya bisa diselenggarakan di sini. Ini sebagai bentuk pelayanan kepada para tamu, memberikan informasi secara total dan semua tersaji dalam satu ruangan. Ini tentu akan bagus untuk membangun imej Solo,” jelas Jokowi.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya