SOLOPOS.COM - Baliho yang menampilkan Joko Suranto bersama Presiden Joko Widodo terpasang di area Terminal Tirtonadi, Solo, Sabtu (25/5/2024). (Solopos.com/Ahmad Kurnia Sidik)

Solopos.com, SOLO-Sebuah baliho bergambar  Joko Suranto atau yang kerap dijuluki Crazy Rich Grobogan terpasang di Simpang Tugu Keris Solo. Baliho bergambar Joko dan Presiden Jokowi itu tepatnya dipasang di tembok luar Terminal Tirtonadi Solo.

Tidak begitu jelas sejak kapan baliho itu terpasang. Namun, berdasarkan pantauan Solopos.com, Sabtu (25/5/2024), baliho itu memuat gambar Jokowi yang mengenakan kaus berwarna hitam tengah bersalaman dan bercanda dengan Joko Suranto yang mengenakan setelah jas hitam dengan dalaman kemeja putih.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Tampak Jokowi tertawa sembari hendak menyentuhkan salah satu tangannya ke kepala Joko. Terdapat juga tagar #jangantakutberbuatbaik.

Sementara narasi dalam baliho tertulis “Dalane digawe alus. Omah lan wargane diurus. Guru lan muride dielus2 [dielus-elus].” Tertulis juga percakapan keduanya tertulis dalam gelembung pesan (bubble chat).

Dari baliho itu, seolah Jokowi mengatakan “Mas Joko Suranto mulih mbangun jateng njih..” Sementara Joko Suranto menjawabnya dengan, “Njih sendiko dawuh.”

Kepada Solopos.com, Joko Suranto menyampaikan ada dua maksud dari baliho tersebut. Pertama, sebagai rasa hormat dia kepada yang lebih tua dalam hal ini secara khusus kepada Jokowi.

“Saya dari kecil mendapat pendidikan dari orang tua saya bahwa harus menghormati orang yang lebih tua dan juga yang telah berjasa atau pun berbuat baik. Menurut saya, Pak Jokowi telah berbuat baik untuk kita semua, karena itu maksud billboard itu salah satunya sebagai bentuk balas budi,” ungkap Joko saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (25/5/2024).

Kedua, lanjut Joko, baliho itu juga merupakan jawabannya atas pertanyaan-pertanyaan dari teman-temannya. “Dari beberapa survei [elektabilitas politik] namanya kerap muncul. Karena itu teman-teman saya sering menanyakan kesediaan saya untuk maju. Dan billboard itulah jawabn saya,” kata dia.

Joko Suranto tidak menyebutkan melalui partai apa dia akan coba melaju ke kontestasi politik yang digelar November 2024 mendatang. Karena menurut dia masih harus melihat perkembangan ke depannya. Dia menganggap bahwa kehadirannya itu menjadi alternatif pemikiran bagi warga Solo secara khusus dan warga Jawa Tengah secara umum.

Selain itu, ia juga mengaku bahwa di media sosial telah muncul beberapa akun yang menggunakan fotonya.

“Juga di beberapa daerah telah muncul dorongan dan dukungan dari masyarakat. Dan Alhamdulillah sudah terkonsolidasikan. Dan yang terpenting bagi saya ialah dengan itu bisa saling berbagi dan berpartisipasi aktif di masyarakat,” kata dia.

Sebelumnya, Selasa (7/5/2024), Joko Suranto menilai jabatan politik atau kekuasaan bukan domainnya. Berbeda dengan urusan pekerjaan sebagai pengusaha maupun jabatannya sebagai Ketua DPP REI saat ini. Hal itu diungkapkannya seperti dikutip dari pemberitaan Solopos.com, Jumat (10/5/2024) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya