SOLOPOS.COM - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo di Rumah Atsiri di Tawangmangu, Jawa Tengah. (ANTARA/HO)

Solopos.com, SOLO — Kejadian limbung dan pingsannya Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo, saat menghadiri acara atraksi budaya prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Sabtu (6/11/2021), mendapat sorotan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) tersebut mengaku sempat menghubungi Angela beberapa saat setelah pingsan. Dari komunikasi itu diketahui Angela mengalami kelelahan setelah beberapa hari terakhir mempunyai agenda kegiatan yang sangat padat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Sore harinya saya tanya, apakah dia [Angela] baik-baik saja. Dia bilang sudah baik. Saya bilang lagi jangan terlalu capai. Dia bilang kecapaian karena bangun terlalu pagi, dan beberapa hari melakukan kegiatan berputar-putar, kecapaian,” ujar dia saat diwawancara wartawan usai menghadiri rapat partai di Kantor DPC PDIP Sragen, Minggu (7/11/2021).

Baca Juga: Sebelum Pingsan, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Sempat Nabuh Drum

Kemenparekraf yang kini dipimpin Sandiaga Uno menjadi mitra kerja dari Komisi X DPR bersama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, serta Perpustakaan Nasional. Agustina mengakui saat ini dibutuhkan energi luar biasa para pejabat di Kemenparekraf seiring sudah terkendalinya pandemi.

“Di sektor pariwisata ini dia harus datang di banyak tempat untuk memberikan energi positif. Tapi sepertinya dia lupa, yaitu lupa waktu dan lupa kapasitas tenaga. Sehingga dia kecapaian. Mudah-mudahan segera pulih,” kata Agustina. Dia tak lupa memberikan semangat kepada jajaran Kemenparekraf dalam mendorong geliat wisata saat ini.

Satu hal yang tak kalah penting menurut dia, memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) di tempat-tempat pariwisata. Walau pandemi sudah terkendali, tapi dunia masih dalam bayang-bayang gelombang III Covid-19. Dengan tetap menerapkan prokes ketat, Agustina berharap tak terjadi gelombang III Covid-19 dan pariwisata tetap ramai.

Baca Juga: Hadiri Acara di Keraton Solo, Wamenparekraf Jatuh Pingsan

“Prokes saja pokoknya. Itu ndak bisa dijaga oleh para penjaga, tapi harus bersama masyarakat, baik pengunjung, pelaku, mereka yang bertugas di lokasi pariwisata. Kalau petugas kenceng, tapi masyarakatnya tidak disiplin ya tidak akan optimal. Penyadaran sebanyak-banyaknya masyarakat, dan capaian vaksinasi saya rasa juga penting,” tutur dia.

Diberitakan solopos.com sebelumnya Angela Tanoesoedibjo jatuh pingsan saat menghadiri atraksi budaya prajurit Keraton Kasunanan Surakarta, Sabtu menjelang sore. Hadir juga dalam acara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya