SOLOPOS.COM - PENGGALIAN BUNKER

Solopos.com, SOLO — Proses ekskavasi atau penggalian bangunan yang diduga bunker di Balai Kota Solo terus dilanjutkan. Sebelumnya, ditemukan sebuah lubang selebar satu meter dengan ketinggian sekitar 1,5 meter yang merupakan pintu bunker.

Yang terbaru, dalam ekskavasi yang dilakukan tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng, Sabtu (9/11/2013), bagian dalam bunker sudah terlihat. Di bagian dalam bunker yang memiliki ketinggian sekitar 2,5 meter itu terdapat sebuah sekat memanjang. Sekat itu memisahkan ruangan bunker dengan bagian ujung yang masing-masing terbuka.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Berdasarkan pantauan Solopos.com, salah satu sisi bagian dalam tersebut tampak memanjang hingga ujung bunker yang diperkirakan memiliki ukuran 15 meter x 5 meter. Sementara, di sisi lainnya bagian dalam, terdapat tumpukan material di bagian tengah bangunan.

Kasi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Jateng, Gutomo, menuturkan ketebalan tembok bunker diperkirakan 60 sentimeter. “Untuk bagian dalamnya itu ada semacam sekat seperti pondasi,” jelas dia, Sabtu.

Gutomo memastikan bunker tersebut memiliki dua pintu. “Satu pintu yang saat ini sudah terlihat. Satu pintu lagi berada di sebelah barat laut,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya