SOLOPOS.COM - Banjir menggenangi rumah warga di Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, akibat luapan sungai, Jumat (23/11/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Beberapa ruas jalan di Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, sempat ditutup sebagai imbas banjir yang menggenangi ratusan rumah akibat meluapnya Kali Pepe dan Kali Jenes, Jumat (23/12/2022) sore hingga malam.

Faktor keamanan menjadi alasan penutupan jalan tersebut, apalagi dengan banjir setinggi lutut orang dewasa. Lurah Semanggi, Agus Suharto, membenarkan adanya penutupan jalan di salah satu wilayah Kelurahan Semanggi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Memang ada jalan yang ditutup di sekitar RW 012, karena debit air yang besar dan banjir yang merendam juga cukup dalam, jadi demi keamanan supaya tidak membahayakan,” urai Agus kepada Solopos.com, Jumat malam. 

Meski demikian, lanjut Agus Suharto, jalan yang sempat ditutup tersebut sudah dibuka seiring dengan surutnya banjir yang menggenangi permukiman warga Semanggi, Solo. Jalan tersebut juga sudah bisa dilewati oleh warga.

“Jalannya sudah dibuka barusan sekitar pukul 20.30 WIB, karena banjirnya juga sudah surut dan hujannya juga sudah berhenti jadi aman untuk dilewati jalannya,” lanjut Agus.

Baca Juga: Hujan Deras Bikin 2 Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Semanggi Solo Kebanjiran

Sebagai informasi, dua sungai yakni Kali Pepe dan Kali Jenes meluap dan membuat ratusan rumah kebanjiran di Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon. Sebanyak empat RW, yaitu RW 010, RW 011, RW 012 dan RW 013 di Kelurahan Semanggi terendam banjir hingga setinggi lutut orang dewasa.

Mengenai penyebab banjir, selain karena hujan deras berjam-jam juga adanya pengerjaan parapet di Kali Jenes yang disinyalir menghambat aliran sungai hingga meluap ke rumah warga. Agus mengaku Kelurahan Semanggi merupakan salah satu langganan banjir di Kota Solo.

Banjir juga sempat terjadi pada Kamis (22/12/2022) saat Kali Kecing yang satu aliran dengan Kali Pepe meluap membanjiri sejumlah rumah di wilayah RW 012, Semanggi. Air masuk ke rumah warga hingga di atas lutut orang dewasa.

Baca Juga: Total 5 Kelurahan Dilanda Banjir akibat Luapan Sungai di Pasar Kliwon Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya