SOLOPOS.COM - Kondisi jalan di Kalikebo, Kecamatan Trucuk Senin, (14/11/2022) malam. Lokasi tersebut sempat tergenang air karena luapan air sungai. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Luapan air sungai terjadi di beberapa wilayah di Klaten, Jawa Tengah setelah hujan mengguyur deras selama lebih dari satu jam, Senin (14/11/2022) sore.

Air sungai yang meluap terjadi di beberapa wilayah di Klaten.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Di Desa Kalikebo, Kecamatan Trucuk air sungai yang meluap menggenangi ruas jalan raya Kalikebo di Dukuh Bawukan.

Hingga Senin sekitar pukul 22.00 WIB, air mulai surut tapi jalan raya belum bisa dilewati.

Baca Juga: Longsor Landa Gantiwarno dan Bayat Klaten, 5 Keluarga Mengungsi

“Air sudah mulai surut. Ketinggian air di jalan sekitar 50 sentimeter. Ruas jalan menghubungkan Kalikebo-Cawas dan Kalikebo-Bayat,” kata Camat Trucuk, Rabiman, saat dihubungi Solopos.com, Senin malam.

Sekretaris BPBD Klaten, Nur Tjahjono Suharto, menjelaskan luapan air sungai akibat derasnya hujan yang mengguyur juga terjadi di ruas jalan wilayah Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes.

Ketinggian air sekitar 10 centimeter.

Baca Juga: BMKG: Cuaca Ekstrem Landa Mayoritas Daerah di Jateng hingga 12 November 2022

“Alirannya cukup deras. Lokasinya dekat lapangan di Desa Jimbung dan beberapa kendaraan harus berhati-hati ketika melintasi,” kata dia.

Selain itu genangan akibat luapan sungai terjadi di permukiman wilayah Dukuh Ngeblak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat. Ketinggian air di jalan permukiman sekitar 20 sentimeter.

Luapan air Sungai Glogok wilayah Desa Merbung, Kecamatan Klaten Selatan, Senin sore.

Baca Juga: Pembatalan Konser Slank di Palembang: Tempat Tak Layak hingga Rawan Banjir

“Banjir yang diakibatkan  meluapnya Sungai Glogok serta derasnya air dari jalan di Timur Perumahan Citra Indah, gang 9-10, RT 07 RW 13, Desa Merbung dengan kerugian berupa pagar dan tanggul sungai Glogok ambrol sepanjang 50 m dan jalan terkikis sehingga sangat menghawatirkan dengan rumah warga yang hanya berjarak 3 meter. Air sudah surut dan sudah tidak masuk ke pemukiman,” jelas Nur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya