SOLOPOS.COM - Petugas membersihkan rumpun bambu yang hanyut dan tersangkut di Jembatan Pencing, Kelurahan Sragen Tengah, Kecamatan Sragen, setelah diterjang derasnya aliran Sungai Garuda, Rabu (11/2/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Banjir Soloraya kian diwaspadai menyusul hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir.

Solopos.com, SRAGEN  Sembilan kecamatan dari total 20 kecamatan di Bumi Sukowati berstatus siaga banjir.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Sragen, Giyadi saat dijumpai di sela-sela kegiatan evakuasi longsor di Jembatan Pecing, Kelurahan Sragen Tengah, Rabu (11/2/2015), mengatakan selain curah hujan yang tinggi, dibukanya spillway di Waduk Gajah Mungkur (WGM) membuat volume air khususnya di lima sungai besar di Sragen semakin tinggi.

“Kami sudah melakukan koordinasi khususnya dengan pihak WGM mengenai antisipasi luapan air sungai yang diperkirakan akan terjadi beberapa hari ke depan. Hasil koordinasi dijadikan bahan untuk disampaikan kepada masyarakat agar siap siaga bila terjadi bencana,” kata Giyadi.

Sembilan kecamatan siaga banjir karena berada di aliran sungai Bengawan Solo meliputi Masaran, Plupuh, Tanon, Sidoharjo, Sragen, Ngrampal, Sambungmacan, Karangmalang, dan Gondang.

Dari sembilan kecamatan tersebut, menurut Giyadi, setidaknya lebih dari sepuluh desa menjadi perhatian utama saat musim hujan.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) IV Linmas dan Penanggulangan Bencana Badan Kesbangpolinmas Sragen, Mukhtar Ahmadi, mengatakan volume air di sebagian besar sungai di Sragen naik, Selasa (10/2/2015) malam, setelah spillway di WGM dibuka.

Menurut dia, tepi sungai longsor sehingga membuat tanaman bambu hanyut dan menyangkut di Jembatan Pecing. Derasnya arus sungai juga mengakibatkan sebuah rumah di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sragen, roboh. Sejumlah tebing di Desa Patihan, Kecamatan Sidoharjo, pun longsor.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya