SOLOPOS.COM - Bantuan pangan pemerintah telah tiba di Pendapa Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Solo, Rabu (12/4/2023). Pemerintah Kelurahan Jebres akan menyalurkan beras kepada keluarga penerima manfaat selama dua hari sampai Jumat (14/4/2023). (Istimewa/Lanang Aji Laksito)

Solopos.com, SOLO–Sebanyak 45.920 keluarga menerima bantuan pangan pemerintah berasal dari beras cadangan milik pemerintah di Kota Solo. Distribusi beras ke kelurahan di lima kecamatan di Kota Solo dilakukan tiga hari sampai Kamis (13/4/2023).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Solo Eko Nugroho Isbandijarso melalui Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dispangtan Solo, Tanti Budimulyani menjelaskan Perum Bulog mendapatkan penugasan dari Badan Pangan Nasional untuk mendistribusikan bantuan pangan pemerintah. Data keluarga penerima manfaat (KPM) diperoleh dari Kementerian Sosial.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Badan Pangan Nasional meneruskan data itu kepada kabupaten/kota. Sebanyak 45.920 KPM untuk tiga bulan, Maret, April, Mei. Pendistribusian sekarang itu bulan Maret. Pendistribusian salanjutnya tunggu instruksi berikutnya,” kata dia kepada Solopos.com, Rabu (12/4/2023).

Tanti mengatakan PT Jasa Prima Logistik Bulog (JPLB) mendistribusikan beras ke pendapa kelurahan di Kota Solo. Pengiriman beras ke kelurahan dilakukan selama tiga hari, masing-masing di Kecamatan Serengan dan Kecamatan Laweyan, Selasa (11/3/2023).

Selanjutnya, kata Tanti,  JPLB mengirim beras ke kelurahan di Kecamatan Jebres dan Kecamatan Pasar Kliwon, Rabu; dan pengiriman beras ke semua kelurahan di Kecamatan Banjarsari, Kamis.

“Untuk distribusi ke warga dilakukan oleh masing-masing kelurahan. Kemarin kami sosialisasinya sehari setelah dropping, baru penyaluran ke warga,” ujarnya. Dia mengatakan setiap KPM menerima beras 10 kg per bulan.

Lurah Jebres, Lanang Aji Laksito, mengatakan bantuan pangan pemerintah sudah tiba di Pendapa Kelurahan Jebres, Rabu (12/4/2023). Bantuan beras disalurkan kepada 2.622 warga selama dua hari mulai Kamis (13/3/2023) pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

“Model penyaluran drive thru [layanan tanpa turun]. Warga diminta datang langsung bawa undangan serta fotokopian, verifikasi, lalu pulang,” papar dia.

Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan kegiatan penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan tahun 2023 di Perum Bulog Pusat Distribusi Ngabeyan, Kabupaten Sukoharjo, Senin (10/4/2023).

Presiden Jokowi mengatakan sebanyak 21,3 juta keluarga menerima bantuan itu. Dia berharap bantuan pangan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Selain itu, lanjut dia, bantuan pangan diharapkan dapat membantu mengendalikan harga beras di pasaran. Presiden memastikan ketersediaan beras di sejumlah daerah terkendali. Hal ini dikarenakan panen raya masih berlangsung di sejumlah provinsi di Tanah Air, mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Sulawesi Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya