SOLOPOS.COM - Aparat Polsek Ngrampal bersama warga mengevakuasi korban jebakan tikus berlistrik di Dukuh Gerdu RT 003, Desa Pilangsari, Ngrampal, Sragen, Jumat (31/12/2021). (Istimewa/Polsek Ngrampal)

Solopos.com, SRAGEN — Anggota DPRD Sragen, Heru Waluyo, tengah berduka. Ibu mertuanya, Lastri Retno Purwanto, 64, ditemukan meninggal dunia di sawahnya di Dukuh Gerdu RT 003, Desa Pulangsari, Kecamatan Ngrampal, Sragen, Jumat (31/12/2021) siang.

Ironisnya, Lastri diduga meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik yang terpasang di sawahnya sendiri. Hal ini diungkapkan Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi, melalui Kapolsek Ngrampal, AKP Hasto Broto.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sementara itu, Camat Ngrampal, Sragen, Joko Hendang Murdono, mengatakan di sawah korban terdapat banyak jebakan tikus beraliran listrik.

Baca Juga: Cerita Bupati Yuni Dapat WA dari Gubernur Jateng: Kok Masih Ada Ya?

“Di sekitar lokasi ada [jebakan tikus beraliran listrik]. Akan terlihat banyak kalau malam hari karena ada tanda lampu di lokasi jebakan. Kami bersama Polsek pernah melakukan sweeping jebakan tikus dengan memanggil yang punya sawah supaya melepas sendiri,” ujar Joko, Jumat.

Terkait kejadian ini, Joko mengatakan akan terus mengadakan penertiban jebakan tikus beraliran listrik. Ia akan berkoodinasi dengan Kapolsek Ngrampal terkait hal tersebut. Jika ada indikasi penyalahgunaan listrik, Joko mengungkapkan kemungkinan ada tindakan tegas dari PLN.

Aliran listri di areal persawahan sejatinya untuk memudahkan petani menggunakan pompa submersibel untuk mengairi sawah. Namun banyak petani yang menggunakan jaringan listrik tersebut sebagai sumber daya jebakan tikus beraliran listrik di sawah mereka.

Baca Juga: Diduga Kena Jebakan Tikus, Nenek Pikun Asal Sragen Ditemukan Meninggal

Seperti diketahui, Perempuan sepuh bernama Lastri Retno Purwanto, 64, warga Dukuh Tanjang RT 020, Desa Kedungupit, Kecamatan Sragen Kota, Sragen, ditemukan meninggal di pinggir saluran irigasi, Jumat (31/12/2021) siang. Lokasi tepatnya di areal persawahan di Dukuh Gerdu RT 003, Desa Pulangsari, Kecamatan Ngrampal, Sragen.

Belakangan diketahui korban adalah mertua dari anggota DPRD Sragen, Heru Waluyo.

Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi, melalui Kapolsek Ngrampal, AKP Hasto Broto, mengatakan Lastri meninggal dunia diduga karena tersengat listrik dari jebakan tikus. Lokasi jebakan tikus beraliran listrik itu ada di sawah korban sendiri.

Baca Juga: Tikus Mengganas Setelah Ada Tol, 21 Petani Sragen Tewas Terkena Jebakan

“Korban diketahui merupakan ibu mertua Bapak Heru [Heru Waluyo], anggota DPRD Kabupaten Sragen. Peristiwa itu berawal saat warga Gerdu bernama Sriyanto, 51, pulang dari ibadah Salat Jumat. Saksi melihat ada kerumunan warga di pinggir jalan, tepatnya di pinggir areal persawahan Dukuh Gerdu,” ujar Hasto.

“Saksi itu mendekat dan ternyata melihat ada perempuan yang sudah dalam keadaan tidur telentang di pematang sawah [antara saluran irigasi dan sawah]. Di dekat tubuh korban ada kawat kabel warna merah yang disalurkan ke meteran listrik di sawah tersebut,” ujar Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya