SOLOPOS.COM - Warga antre untuk menggunakan hak pilih pada Pilkades Karanganom, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Rabu (5/7/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Jajaran Forkopimda Klaten memantau sejumlah desa yang menggelar Pemilihan Kepala Desa atua Pilkades serentak gelombang I tahun 2023, Rabu (5/7/2023), salah satunya Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara.

Desa itu masuk kategori tingkat kerawanan zona merah. Ada dua calon kepala desa (cakades) di desa itu dan jumlah pemilih mencapai hampir 8.000 orang. Jumlah pemilih itu menjadi yang terbanyak dibandingkan puluhan desa lainnya yang menggelar Pilkades gelombang I tahun 2023.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hingga pelaksanaan pemungutan suara, seluruh tahapan Pilkades di desa tersebut berjalan lancar dan kondusif. Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengapresiasi tingginya partisipasi warga di Karanganom untuk memberikan hak pilih mereka pada Pilkades kali ini.

“Dengan kerumunan banyak seperti ini bagus. Mereka aktif untuk menyukseskan Pilkades. Harapan saya masyarakat bisa menyalurkan suara di TPS yang sudah disiapkan,” kata Mulyani saat ditemui wartawan di sela pemantauan di Desa Karanganom, Rabu.

Mulyani sempat berbincang dengan panitia Pilkades di Karanganom. Penghitungan suara diprediksi berlangsung sampai pada Rabu tengah malam atau Kamis (6/7/2023) dini hari. Hal itu lantaran banyaknya jumlah pemilih di desa tersebut.

“Kemungkinan penghitungan sampai malam dan bahkan diperkirakan sampai pukul 02.00 WIB. Insyaallah lancar lah. Saya yakin semuanya berjalan lancar,” kata dia.

Mulyani mengatakan hingga kini seluruh tahapan Pilkades serentak Klaten di 67 desa termasuk di Karanganom berjalan lancar. “Sampai saat ini semuanya aman,” jelas dia.

Kapolres Klaten, AKBP Warsono, juga menjelaskan hingga kini tahapan Pilkades berjalan lancar. Dia berharap suasana tetap kondusif hingga seluruh tahapan Pilkades selesai.

“Tentunya kami berdoa bersama semua berjalan aman dan yang terpilih sesuai dengan harapan masyarakat,” kata Kapolres. Para pendukung juga diminta tak melakukan konvoi seusai pemilihan.

Kapolres menjelaskan saat deklarasi damai, seluruh cakades sudah sepakat untuk tidak melakukan kegiatan euforia. “Dari Bu Bupati juga sudah disampaikan agar yang menang untuk segera bersilaturahmi kepada yang kalah,” kata Kapolres.

Sebagai informasi, Pilkades serentak gelombang I tahun 2023 digelar di 67 desa yang tersebar di 22 kecamatan. Proses pemungutan suara digelar dari pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya