SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengajak para pemudik untuk menikmati berbagai destinasi wisata di Kabupaten Bersinar selama berada di kampung halaman. Dia menjelaskan di Klaten banyak pilihan destinasi wisata hingga kuliner yang layak didatangi para pemudik.

“Klaten ini tempat kulinernya banyak, apalagi wisatanya. Saya berharap pemudik bisa menikmati kuliner dan wisata di Klaten biar ekonomi juga jalan,” kata Mulyani saat ditemui Solopos.com seusai mengikuti tarawih keliling di Masjid Nur Azizah kompleks Pemkab Klaten, Senin (17/4/2023) malam.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dia mencontohkan beberapa destinasi wisata alam seperti di Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang. Destinasi tersebut sangat layak dikunjungi apalagi menyabet juara I pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 kategori dataran tinggi.

“Wisata alam lainnya seperti Bukit Sidoguro. Yang dulunya hanya sekadar hutan kini menjadi seperti itu [ditata Pemkab dilengkapi dengan spot selfie hingga kafe]. Kemudian banyak sekali wisata air di Klaten,” kata Mulyani.

Begitu pula dengan kuliner. Bupati Sri Mulyani menjelaskan banyak pilihan wisata kuliner yang patut dinikmati para pemudik di Klaten. Termasuk mengunjungi beberapa sentra kuliner seperti kawasan kuliner Jl Bhali serta Taman Kuliner di Jl Mayor Kusmanto.

Mulyani mengimbau para pelaku UMKM, kuliner, serta wisata di Klaten bisa menjaga kualitas produk, makanan, maupun tempat wisata. “Tentunya kami mengimbau agar kualitas tetap dijaga. Momentum seperti ini menjadi ajang promosi yang tepat baik untuk UMKM maupun kuliner,” kata dia.

Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, juga mengimbau para pemudik bisa menikmati kuliner dan wisata di Klaten. “Buat para pemudik setibanya di Klaten, selain melepas kangen dengan keluarga di kampung halaman, jangan lupa menikmati kuliner di Klaten. Kemudian jangan lupa mampir ke objek wisata yang ada di Klaten saat ini sudah di-branding luar biasa,” kata Hamenang.

Hamenang juga menjelaskan ada berbagai pilihan destinasi wisata di Klaten seperti Girpasang, kawasan wisata air, serta kawasan Rawa Jombor dan Bukit Sidoguro.

“Di Rawa Jombor bisa menikmati wisata air di sana, kemudian bisa jogging track, kuliner, bahkan bisa menikmati panorama sunset di Bukit Sidoguro,” kata Hamenang.

Soal rekomendasi kuliner di Klaten, Hamenang mengatakan banyak pilihan dan khas Klaten. Dia mencontohkan seperti ayam panggang, sup ayam Pak Min.

Selain itu ada olahan daging kambing seperti Tengkleng Ndas Sor Duren di Kecamatan Pedan serta satai kambing yang cukup legendaris di Kecamatan Wedi yakni satai kambing taliroso yang terkenal dengan satai kambing jumbo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya