SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten membantu penangkapan sapi kurban yang terlepas dan kabur di Desa Kerten, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Kamis (29/6/2023). (Istimewa/Satpol PP dan Damkar Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Kejadian sapi kurban lepas dan kabur cukup banyak di wilayah Klaten pada Hari Raya Iduladha 2023 ini. Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP dan Damkar Klaten pun ikut sibuk mengejar dan menangkap sapi-sapi tersebut.

Ada dua laporan sapi kurban lepas yang diterima petugas Damkar Klaten. Pada Rabu (28/6/2023) malam, petugas Damkar menerima laporan untuk menangkap sapi yang terlepas di kebun dari pemilik sapi dari Dukuh Semen, Desa Nengahan, Kecamatan Bayat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Awalnya, sapi itu diantar ke masjid dan diletakkan di halaman dengan diikat. Diduga karena kondisi sapi stres ditambah suara tenda yang terkena angin membuat sapi itu bergerak hingga tali keluh yang terpasang pada hidung sapi putus. Sapi kemudian lari ke kebun.

“Saat itu pemilik sapi tidak berada di rumah. Setelah mendapatkan laporan warga, pemilik sapi kemudian melapor ke Damkar,” kata salah satu petugas Damkar Klaten, Nur Rochim, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (29/6/2023).

Sapi itu lepas dan kabur ke kebun yang berjarak sekitar 300 meter dari masjid di wilayah Bayat, Klaten, itu. Lantaran kondisi kebun yang dipenuhi pepohonan tinggi itu gelap gulita, petugas Damkar dibantu sukarelawan menggunakan lampu senter untuk mengejar dan mengintai sapi itu.

“Jadi tidak bisa sekali langsung tangkap. Kondisinya sapi masih beringas. Melihat orang langsung mengejar. Ada yang sempat terjatuh namun bukan karena diseruduk. Jatuh karena tersandung akar dan ranting pohon,” kata Nur Rochim.

Sekitar enam petugas Damkar membantu proses penangkapan sapi itu. Sapi itu berhasil ditangkap setelah kakinya dijerat menggunakan tali. Sapi yang berhasil ditangkap kemudian diserahkan ke pemiliknya.

“Tidak sampai ada kerusakan. Sapi kabur langsung masuk ke kebun,” jelas Nur Rochim. Pada Kamis, Damkar Klaten kembali mendapat laporan dan permohonan bantuan untuk menangkap sapi kurban yang lepas dan kabur.

Laporan itu datang dari salah satu warga Dukuh Tenggil, Desa Kerten, Kecamatan Gantiwarno. Seekor sapi kurban terlepas. Setelah berhasil ditangkap, petugas Damkar Klaten membantu proses penyembelihan sapi di lokasi hewan tersebut ditangkap.

“Sapi galak kemudian tali keluh terputus. Warga tidak berani mendekat sehingga dilaporkan ke Damkar. Proses penanganan diakukan dari pukul 09.50 WIB hingga 11.25 WIB. Iya, sapi disembelih di lokasi tempat sapi itu ditangkap,” kata Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino.

Sebelumnya, sapi kurban lepas dan kabur juga terjadi di wilayah Karangdowo, Klaten, Kamis. Sapi lepas saat hendak disembelih dan kabur keliling kampung hingga memicu kehebohan.

Selain itu, pada Jumat (28/6/2023) seekor sapi milik jemaah masjid di Gayamprit, Klaten Selatan, juga kabur saat diturunkan dari pikap yang mengangkutnya. Sapi itu sempat berlarian hingga ke kawasan kota Klaten, berhenti di depan minimarket, sebelumnya akhirnya tertangkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya