SOLOPOS.COM - Pengguna jalan berhenti saat lampu merah di simpang empat Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Rabu (4/1/2023). Di lokasi tersebut terdapat papan penunjuk arah yang kurang huruf. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Terkadang ada kesalahan-kesalahan kecil membuat orang jadi geli. Kesalahan penulisan dalam papan penunjuk arah bisa jadi salah satunya.

Seperti papab penunjuk arah di wilayah Kabupaten Karanganyar, tepatnya Jalan Lingkar Selatan Karanganyar sekitar SPBU Lalung. Papan ini menghadap ke barat atau menjadi penunjuk arah bagi pengguna jalan yang melaju ke arah timur.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sekilas, papan penunjuk arah dengan latar belakang warna hijau dengan tulisan berwarna putih ini tampak biasa-biasa saja. Papan tersebut memuat informasi tentang arah bisa dituju dari lokasi tersebut. Jika lurus maka akan mengarah ke Matesih dan Tawangmangu. Jika ke kanan akan menuju Jumapolo, Jumantono, dan Wonogiri. Sedangkan ke kiri akan menuju Karanganyar Kota dan Solo.

Tulisan “KARANGANYAR” di papan penunjuk arah tersebut kekurangan huruf “N” sehingga tertulis “KARANGAYAR”.  Ternyata banyak orang yang tidak memperhatikan hal tersebut.

Seperti dikatakan Suwarno, salah satu pengguna jalan yang kerap melintas di jalan itu, selama ini ia menganggap bahwa huruf pada tulisan Karanganyar itu lengkap. “Tahunya ya hurufnya lengkap. Ora nggagas yen kurang N [tidak memperhatikan kalau ternyata kurang huruf N]. Malah baru tahu ini,” ujar warga Jati, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar ini, Rabu (4/1/2023).

Sementara itu, warga lainnya bahkan nyaris tidak pernah memperhatikan keberadaan papan penunjuk arah tersebut. Pasalnya, ia sudah paham jurusan dari semua arah di perempatan tersebut. “Malah tidak pernah lihat papan. Fokusnya ke jalanan. Kan sudah hafal kalau mau ke Jumantono ya tinggal belok kanan [ke arah selatan]. Kalau mau ke Matesih ya lurus,” imbuh Iswadi, warga Karanganyar.

Meski demikian, mereka menganggap kekurangan huruf pada papan penunjuk arah tersebut tidak akan membuat pengguna jalan bingung atau salah arah.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Karanganyar, Bambang Prasetyo, mengatakan pihaknya segera mengecek tulisan pada papan tersebut. “Apa iya? Segera saya cek. Karena kesalahan kecil kadang sangat mengganggu,” ujarnya, Kamis (5/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya