SOLOPOS.COM - Bapilu PDIP Solo yang dipimpin oleh Her Suprabu dilantik oleh Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo di Bandar Semanggi, Rabu (16/3/2023) malam. (Solopos.com/ Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Sebanyak 45 Bacaleg PDIP untuk DPRD Kota Solo menjalani tes kesehatan di RS Bhayangkara karena mendapatkan pesan WhatsApp (WA) dari DPP PDIP. Di pesan itu mereka diminta melengkapi berkas persyaratan pendaftaran ke KPU Solo.

“Jadi yang kemarin tes kesehatan yang mendapatkan pesan WhatsApp dari DPP untuk melengkapi persyaratan-persyaratan. Jadi saya sendiri enggal hafal orang-orangnya,” ujar Ketua Bapilu DPC PDIP Kota Solo, Her Suprabu, Kamis (4/5/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sedangkan untuk daftar 45 Bacaleg PDIP yang akan didaftarkan ke KPU Solo, menurut dia, DPC PDIP Solo tetap menunggu rekomendasi dari DPP PDIP. Dia berharap surat rekomendasi itu sudah turun sebelum hari pendaftaran Bacaleg ke KPU.

“Dan untuk pendaftaran ke KPU Solo, kami jadinya tanggal 11 Mei 2023, serentak se Indonesia. Awalnya PDIP Solo akan mendaftarkan 45 Bacaleg pada 10 Mei 2023. Tapi kemudian ada instruksi dari DPP PDIP agar dibarengkan,” tutur dia.

Bila ternyata rekomendasi dari DPP PDIP turun setelah 11 Mei 2023, Her Suprabu berharap tidak sampai melebihi tanggal 14 Mei 2023. Sebab hari itu merupakan batas akhir waktu pendaftaran atau pengajuan Bacaleg partai politik (parpol).

Dan salah satu syarat pengajuan Bacaleg oleh parpol ada rekomendasi dari ketua umumnya. “Yang didaftarkan salah satu syarat dari KPU mendapat rekomendasi ketua umum. Artinya maksimal 14 Mei 2023 harus sudah turun,” terang dia.

Sehingga, bila surat rekomendasi dari DPP PDIP turun sebelum 14 Mei 2023, Her Suprabu menambahkan berkas itu masih bisa disusulkan ke KPU Solo. “Rekomendasi kan bisa disusulkan. Jadi 14 Mei maksimal sudah turun,” imbuh dia.

Disinggung nasib tiga Bacaleg PDIP yang berstatus petahana atau incumbent DPRD Solo yang tidak diundang tes kesehatan, menurut Her Suprabu, belum tentu tidak bisa maju di Pemilu 2024. Sebab surat rekomendasi DPP PDIP belum turun.

“[Tiga Bacaleg petahana tak maju Pemilu 2024] Belum tentu juga. Nanti yang didaftarkan yang mendapatkan rekomendasi. Dan rekomendasi kan belum turun. Kalau kami kan tahapannya ada penjaringan, dan penyaringan,” papar dia.

Jumlah awal Bacaleg PDIP untuk DPRD Solo yang dijaring 200% atau 90 orang, lalu mengerucut menjadi 100% atau 45 orang. “Jadi itu penyaringannya sudah ranahnya DPP mas kalau sudah sampai 100% atau 45 orang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya