SOLOPOS.COM - Para tokoh santri Soloraya mendeklarasikan dukungan kepada Yenny Wahid untuk menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024 di Foodcourt Terminal Tirtonadi Solo, Minggu (3/9/2023) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Seratusan santri yang menamakan diri Barisan Santri Surakarta mendeklarasikan dukungan kepada Yenny Wahid untuk menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024 di Foodcourt Terminal Tirtonadi Solo, Minggu (3/9/2023) siang.

Mereka berasal dari Soloraya, seperti Solo, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Klaten, dan Boyolali. Pantauan solopos.com, deklarasi dipimpin beberapa perwakilan organisasi, dengan diikuti seluruh angota Barisan Santri Surakarta.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dalam deklarasi itu disebutkan Barisan Santri Surakarta sepenuh hati mendukung Yenny Wahid untuk menjadi Cawapres 2024. Sebab Yenny dinilai sebagai sosok pemimpin nasional yang mampu meneruskan figur Joko Widodo (Jokowi).

“Kami melihat sosok pemimpin yang mampu meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi untuk meneruskan pembangunan bangsa dan negara didasarkan prinsip keadilan sosial seluruh rakyat Indonesia,” ujar deklarator aksi, Mushafiq.

Yenny Wahid juga dinilai sebagai sosok yang menjunjung tinggi nasionalisme, pluralisme, religiusme, demokrasi dan hak asasi manusia (HAM). Karakter seperti itu dinilai Barisan Santri Surakarta sangat dibutuhkan bangsa dan negara ke depan.

“Kami juga menilai Mbak Yenny sosok pemimpin perempuan yang cerdas, memiliki jiwa kemamnusiaan sangat tinggi , toleran, merakyat dan dikenal luas sebagai aktivis yang humanis, dan tepat menjadi Cawapres 2024,” urai dia.

Sedangkan Koordinator Barisan Santri Soloraya, Slamet Abidin, dalam sambutannya mengatakan deklarasi diikuti semua undangan. Hal itu menunjukkan para santri benar-benar menginginkan Yenny Wahid menjadi Cawapres 2024.

“Mbak Yenny adalah putri Gus Dur, dan mewakili NU atau perempuan dari NU. Walaupun tidak atas nama NU, kita warga Nahdliyin wabil khusus para santri mendukung penuh. Semoga Mbak Yenny maju Cawapres jadi kenyataan,” ujar dia.

Slamet mengatakan ihwal figur Calon Presiden (Capres) yang akan didampingi Yenny Wahid belum bisa dipastikan. Namun yang pasti menurut dia baik Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto, Barisan Santri Surakarta akan mendukung.

“Dari beberapa informasi di media sosial, insya Allah Mbak Yenny sebagai Cawapres, entah nanti Pak Ganjar atau Pak Prabowo, yang penting semakin santer elektabilitasnya. Mbak Yenny perwakilan Nahdliyin dan perempuan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya