SOLOPOS.COM - Rektor Umuka, Muh Samsuri, menyerahkan penghargaan kepada lulusan terbaik wisuda angkatan pertama pada Selasa (18/10/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) mewisuda 135 mahasiswa pada Selasa (18/10/2022). Wisuda ini menjadi yang perdana bagi kampus yang baru saja diresmikan pada Juni 2022 lalu atau baru sekitar lima bulan.

Seratusan lulusan itu berasal dari jurusan Produksi Ternak Fakultas Sains dan Teknologi, serta Perhotelan Fakultas Komunikasi Bisnis. Seremoni pengukuhan wisudawan berlangsung di aula Umuka Gedung Pimpinan Dakwah Muhamadiyah (PDM) Karanganyar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Rektor Umuka, Muh Samsuri, mengatakan wisuda perdana ini terasa istimewa. Ini karena Umuka yang baru berusia lima bulan sudah mewisuda sarjana. Mahasiswa ini berasal dari Akademi Peternakan Karanganyar (Apeka) dan Akademi Pariwisata Widya Nusantara (APWN) Surakarta.

“Masuknya mahasiswa Apeka dan APWN, lulusnya ijazah Umuka,” katanya.

Umuka berdiri karena merger dari tiga perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Tengah. Ketiga PTS ini di antaranya Akademi Pariwisata Widya Nusantara (APWN) Surakarta, Akademi Sekretaris Manajemen Santa Ana (ASMI) Semarang, dan Akademi Peternakan Karanganyar (Apeka).

Baca Juga: 334 Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Karanganyar Ikuti PKKMB

Pihaknya mengaku sangat bahagia dan bergembira dengan prosesi wisuda perdana bagi kampus Umuka. Para lulusan Umuka ini diharapkan mampu menghadapi masa depan.

Samsuri melihat perkembangan dan perubahan dunia yang sangat cepat. Sudah sepantasnya generasi muda sejak dini perlu mempersiapkan bekal yang cukup untuk menghadapi dan memenangkan pertarungan masa depan.

Meski demikian, tantangan terbesar dalam menghadapi perubahan sekarang dan yang akan datang adalah kesanggupan mengubah mindset atau pola pikir. Kemudian menghadirkan cara kerja baru yang relevan dengan kebutuhan masa depan yang menantang.

Sementara Ketua Badan Pembinaan Harian (BPH) Umuka, Prof Dr Ravik Karsidi, mengatakan para lulusan diandalkan menyumbang ide, pemikiran dan tenaganya guna terwujud Indonesia Emas. Sumber daya manusia berkualitas dicetak melalui lembaga pendidikan berkualitas pula.

Baca Juga: Umuka Sediakan Beasiswa untuk 1.000 Mahasiswa, Segini Nilainya

“Fokus pemerintah saat ini tertuju sumber daya manusia menyiapkan generasi yang sukses Indonesia emas,” katanya.

Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) mewisuda mahasiswanya
Wisudawan angkatan pertama dari Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka), Selasa (18/10/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Para lulusan Umuka ini menjadi alumni pertama yang akan merintis ikatan alumni Umuka berjejaring agar mampu berkarya di negeri ini.

Asisten II Perekonomian dan Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mewakili Bupati Karanganyar, Juliyatmono, berharap Umuka selalu bersinergi dengan Pemerintah Karanganyar untuk membangun Karanganyar ke depan.

Dikatakannya, Karanganyar membutuhkan sumber daya manusia yang unggul ke depan. “Kita siapkan wisudawan dan wisudawati ini sebagai generasi penerus ke depan baik untuk kemashlahatan umat dan dunia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya