SOLOPOS.COM - Polisi menghentikan sopir truk, yang nekat melewati dan mengakibatkan kerusakan portal Underpass Makamhaji di Kartasura, Sukoharjo, Selasa (12/4/2022). (Solopos-Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO – Salah satu portal di jalan Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, ditabrak truk dari arah timur atau Solo, Selasa (12/4/2022) siang. Selang beberapa jam sebelumnya, portal lainnya yang ada di jalur sebaliknya yakni Kartasura-Solo juga diterabas truk.

Kepala Pos Lantas Kartasura, Sukoharjo, Aiptu Andreas Christian D. N, mengatakan satu dari dua truk yang nekat melintas di jalur Underpass Makamhaji tersebut berhasil diamankan, Selasa. Dia kemudian membeberkan kronologi kejadian di underpass itu, saat ditemui Solopos.com di kawasan Tugu Lilin, sesaat setelah pengejaran truk.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Tadi kami lakukan pengejaran setelah tahu ada truk nekat lewat di underpass, bersama dengan [personel] dishub yang bertugas,” jelas Christian. Dia mengatakan truk yang berhasil ditangkap tersebut merupakan truk kedua yang nekat akan melewati jalur Underpass Makamhaji pada hari ini. Sedangkan truk pertama yang menerabas portal berhasil kabur.

Baca juga: Portal Underpass Makamhaji Dipasang Lagi, Lebih Pendek Jadi 3,5 Meter

Christian mengatakan pengemudi truk yang telah diamankan akan tetap mendapatkan sanksi, terkait perusakan. Kemungkinan sopir truk akan dikenai denda mengingat kerusakan yang terjadi pada portal tersebut. Tak hanya itu, supir truk juga mungkin dikenakan sanksi tilang mengingat pelanggaran yang dilakukannya.

“Kami lihat dulu nanti kesepakatannya dengan Dishub (Dinas Perhubungan Kabupaten Sukoharjo) kalau sudah diberikan sanksi denda yang lumayan tinggi [tergantung jumlah kerusakan] ya nanti tilangnya bisa kami pertimbangkan,” jelasnya.

Tertutup Mobil Boks

Sementara itu, sopir truk yang diamankan polisi, Budi Suliono, 54, mengaku tak melihat rambu-rambu lalu lintas yang telah terpasang. “Tadi saya pas lewat ketutupan mobil boks di depan saya, jadi saya tidak melihat rambu-rambu yang sudah terpasang,” kata dia yang mengendarai truk dengan nomor polisi S 9207 UU.

Baca juga: Weladalah, Portal Underpass Makamhaji Sukoharjo Ditabrak Truk

Pria asal Surabaya itu menambahkan dirinya tidak tahu jalan mana yang harus dilewati menuju Surabaya. Saat ini dia mengatakan akan mengikuti prosedur yang ditetapkan pihak berwajib.

Kini sopir truk itu diamankan di Polsek Kartasura, dengan diarahkan melewati jalan memutar, melewati Pakis, Delanggu, Klaten, sesuai jalur yang seharusnya.

Diberitakan sebelumnya, jalan di kawasan Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, kembali dipasangi portal, kali ini dengan ketinggian 3,5 meter. Tinggi portal dipasang lebih pendek dibandingkan sebelumnya yakni 4 meter agar tak ada lagi kendaraan bertonase berat yang ngeyel melewati jalan itu.

Baca juga: Viral Video Truk Putar Balik di Underpass Makamhaji, Ini Ceritanya

Petugas pemelihara saluran Underpass Makamhaji, Sardi, 49, Senin (11/4/2022), mengatakan sudah dua kali truk besar nekat melalui jalan itu pada beberapa waktu lalu. Truk yang pertama telah mengakibatkan rusaknya portal underpass, sedangkan yang kedua, truk tronton dari arah Solo menuju Wonogiri harus putar balik di jalan sempit itu.

“Biar tidak ada yang ngeyel lagi, kemarin sudah dikasih portal masih aja ada yang ngeyel. Kalau ini [tingginya] diturunkan, besinya juga diperlebar biar sopir truk kelihatan [rambu-rambunya],” katanya di sela-sela perbaikan portal itu, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya