SOLOPOS.COM - Pendaftaran bacaleg PAN ke KPU Sukoharjo dengan membawa gamelan lengkap, Jumat (12/5/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sukoharjo menyodorkan 45 orang bakal calon legislatif (bacaleg) ke Kantor KPU Sukoharjo pada Jumat (12/5/2023). Jumlah tersebut memenuhi 100% kuota setelah pada Pemilu 2019 sebelumnya hanya mendaftarkan 42 bacaleg.

Incumbent yang turut berkompetisi lagi sejumlah 4 orang, satu tidak maju lagi karena pertimbangan keluarga, tetapi sudah menyiapkan kader pengganti,” jelas Ketua DPD PAN Sukoharjo, Sunoto, saat ditemui seusai mendaftarkan bacaleg.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ia juga memastikan tak akan kehilangan satu kursi dari daerah pemilihan (dapil) 1 yang terdiri atas Sukoharjo, Bendosari, Nguter meski petahana tersebut tak lagi mencalonkan diri. Soal keterwakilan perempuan minimal 30% sudah terpenuhi. Jumlah bacaleg perempuan yang ia ajukan sebanyak 19 orang.

Pihaknya juga turut menggandeng 11 milenial yang justru banyak dari luar pengkaderan atau masyarakat umum dan kalangan perempuan. Para bacaleg milenial itu rata-rata berlatar belakang dari bidang seni, kepemudaan, dan lainnya. Namun sebagian tak ikut datang ke KPU saat pendaftaran bacaleg lantaran ada pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan.

Soal target suara, Sunoto mengaku tak akan muluk-muluk, cukup delapan kursi. “Sekarang kami punya lima kursi. Meraih delapan kursi adalah target realistis karena kami pernah mendapat tujuh kursi. Kalaupun lebih dari itu ya kami sangat bersyukur,” ujar Sunoto.

Saat mendaftar ke KPU, PAN membawa rombongan yang menampilkan atraksi beladiri dan iringan gamelan. Ia mengaku itu merupakan representasi PAN turut mengembangkan seni dalam berbagai bidang. Menurutnya, kesenian tradisional Sukoharjo lebih banyak ditinggalkan dan kurang ada perhatian dari Pemkab. Sehingga pihaknya berusaha memberikan contoh dengan merangkul pegiat kesenian.

PAN melibatkan kelompok kesenian asal Grogol, Sukoharjo, yang membawa set gamelan lengkap dan turut melantunkan beberapa lagu mengiringi pendaftaran tersebut. Menurutnya, para pegiat seni juga senang karena merasa diperhatikan dan dimanusiakan.

Sementara itu, politikus muda Nur Lukman Hakim Pamungkas, 28, yang akan melaju di dapil 1 Sukoharjo optimistis bisa meraup kursi. Ia sudah menyiapkan strategi untuk mewujudkannya dengan mengincar suara kaum milenial. “Milenial PAN akan mengusung politik asyik, milenial PAN kami gaungkan dengan politik adu gagasan, tidak ada politik menjatuhkan,” tegasnya.

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, mengatakan berkas pendaftaran DPD PAN Sukoharjo telah dinyatakan lengkap dan diterima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya