SOLOPOS.COM - Polisi melakukan sterilisasi menggunakan metal detector dan anjing pelacak di Gereja Santo Petrus Purwosari, Solo, Jumat (23/12/2022). Sterilisasi dilakukan untuk pengamanan ibadah Natal, Minggu (25/12/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Aparat Polresta Solo berkeliling membawa anjing pelacak dan metal detector untuk sterilkan gereja di Kota Bengawan menjelang perayaan Natal, Minggu (25/12/2022).

Hal itu untuk menjamin keamanan kegiatan ibadah perayaan Natal dan Tahun Baru. Sementara itu, para jemaat diimbau untuk  membawa barang secukupnya guna memudahkan pemeriksaan oleh petugas di pintu masuk gereja.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, mengecek kesiapan ibadah misa Natal dan keamanan di Gereja Santo Petrus Purwosari di simpang empat Gendengan, Jumat (23/12/2022) siang. Sementara aparat kepolisian melakukan sterilisasi baik di dalam maupun area luar gereja.

Upaya sterilkan gereja di Kota Solo itu menggunakan metal detector dan anjing pelacak. Kapolresta menjamin keamanan para jemaat yang melakukan ibadah misa Natal.

“Kami melakukan sterilisasi gereja sebagai bagian dari pengamanan kegiatan ibadah menjelang perayaan Natal. Kami pastikan keamanan para jemaat yang beribadah di gereja,” katanya saat berbincang dengan wartawan, Jumat.

Baca Juga: CFD Solo Tetap Ada saat Hari Natal, Gendengan-SGM untuk Parkir Jemaat Gereja 

Mantan Kapolres Sukoharjo itu menyampaikan gereja yang menggelar misa Natal di Solo dibagi tiga kategori prioritas. Ada 16 gereja yang masuk prioritas satu karena memiliki jemaat lebih dari 1.000 orang.

Bahkan, jemaat Gereja Santo Petrus Gendengan berjumlah sekitar 4.000 orang. Lebih jauh, Kapolresta mengimbau agar jemaat tidak membawa tas besar saat hendak beribadah ke gereja.

Pemeriksaan Barang Bawaan Jemaat

Meski sudah ada upaya sterilkan gereja, petugas bakal melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan masing-masing jemaat di Solo. “Petugas juga disiagakan di luar area gereja bersama anggota pengamanan internal gereja dan organisasi kemasyarakatan,” ujar dia.

Baca Juga: Hampir 1.000 Personel dan 6 Pos Jaga Disiapkan untuk Amankan Nataru di Solo

Sementara itu, pengurus Dewan Paroki Gereja Santo Petrus Purwosari, Poerbo Putranto, mengatakan jumlah jemaat Gereja Santo Petrus Purwosari sekitar 4.800 orang. Pengurus gereja menyiapkan 2.000 kursi untuk misa malam Natal pada Sabtu (24/12/2022).

Poerbo juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait ihwal area parkir kendaraan bermotor bagi jemaat gereja. Mobil para jemaat bisa diparkir di bahu Jl Slamet Riyadi dengan ditempel stiker khusus.

“Ada pengamanan khusus di dalam maupun luar gereja. Jumlah jemaat gereja cukup banyak, hampir 5.000 orang,” ujar dia. Sebelumnya diinformasikan, Dishub Solo menyediakan area bahu Jl Slamet Riyadi dari Simpang Gendengan sampai depan Solo Grand Mall (SGM) untuk parkir jemaat gereja yang mengikuti misa Natal pada Minggu (25/12/2022) pagi.

Baca Juga: Perayaan Natal di Solo, Jemaat Bawa Tas Besar ke Gereja bakal Diperiksa Petugas

Kebetulan Minggu pagi juga ada agenda Car Free Day (CFD) yang tetap digelar meski bersamaan dengan Hari Natal. Hanya, CFD berlangsung dari Gendengan sampai Bundaran Gladag. Tidak sampai ke Jl Jenderal Sudirman seperi biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya