SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemeriksaan hewan ternak. (Antara)

Solopos.com, KARANGANYAR — Mobil Mitsubishi Colt L300 pikap yang mengangkut tiga ekor sapi dihentikan petugas Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop UKM) Karanganyar, Jumat (17/6/2022).

Mobil itu berpelat nomor Kabupaten Boyolali. Petugas menghentikan mobil yang hendak menurunkan sapi di pasar hewan Karangpandan. Kepada petugas, sopir pikap itu mengaku tak tahu bila pasar hewan Karangpandan ditutup sementara.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Kita temukan ada satu mobil L300 membawa tiga sapi mau menurunkannya di Pasar Hewan Karangpandan. Tapi kita hentikan dan diminta putar balik,” ungkap Kepala Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar, Martadi, kepada Solopos.com, Jumat.

Pemkab Karanganyar menutup pasar hewan untuk mengantisipasi penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi. Martadi mengakui Karanganyar menjadi daerah paling akhir di antara kabupaten/kota di Solo Raya yang memutuskan menutup pasar hewan.

Baca Juga: Telanjur Banyak Kasus PMK, Pemkab Karanganyar Baru Tutup Pasar Hewan

Namun penutupan sementara pasar hewan sudah disosialisasikan jauh-jauh hari ke lurah pasar, komunitas pedagang ternak dan stakeholder lainnya.

“Jadi sudah tidak ada yang jualan sapi di pasar hewan. Ini membuktikan sosialisasinya efektif. Padahal hanya lewat pesat WA. Hanya satu mobil itu, mungkin tidak tahu kalau pasar hewan ditutup,” katanya.

Selama penutupan pasar hewan, Disdagnakerkop dan UKM akan menyisir wilayah sampai radius 1 kilometer dari pasar hewan. Hal ini untuk mengantisipasi pedagang yang nekat melakukan aktivitas jual beli secara kucing-kucingan.

Martadi mengatakan bukan tidak mungkin pedagang mencari celah menjual sapi-sapinya berdekatan pasar hewan. Pemkab mempersilakan peternak melakukan jual beli sapi hanya di kandang mandiri.

Baca Juga: Bakul Sragen Nekat Datangkan Sapi Madura Tanpa SKKH, Positif PMK

Pemkab Karanganyar memberi toleransi dibolehkannya jual beli ternak non-sapi di pasar hewan. Pemkab menyegel dua pasar hewan di Karangpandan dan Jambangan, Mojogedang.

Mangga. silakan jual sapi di kandang. Tapi jangan di pasar hewan, apalagi di sembarang tempat pinggir jalan. Itu sama saja bikin pasar tumpah. Lama kelamaan mengumpul di situ. Apa yang kita lakukan ini untuk memutus penyebaran PMK,” katanya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Dimeriahkan Konser Gilga Sahid, Tahapan Pilkada Wonogiri 2024 Resmi Dimulai

Dimeriahkan Konser Gilga Sahid, Tahapan Pilkada Wonogiri 2024 Resmi Dimulai
author
Suharsih Rabu, 1 Mei 2024 - 13:49 WIB
share
SOLOPOS.COM - Penyamyi Gilga Sahid tampil menghibur ribuan warga Wonogiri dalam konser sosialisasi tahapan Pilkada 2024 yang digelar KPU Wonogiri di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Selasa (30/4/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Tahapan Pilkada Wonogiri 2024 resmi dimulai ditandai dengan konser musik dangdut menghadirkan penyanyi Gilga Sahid sebagai sarana sosialisasi, Selasa (30/4/2024) malam. Acara yang digelar di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri itu dihadiri ribuan warga Wonogiri.

Sosialisasi tahapan Pilkada 2024 ini berjalan lancar dan sukses. Lebih dari 5.000 orang memadati acara sosialisasi yang dibalut dengan konser musik dangdut dan pop Jawa hingga tengah malam.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri mengundang penyanyi dangdut yang tengah naik daun, Gilga Sahid, bersama grup musiknya, Gildcoustic dalam acara peluncuran tahapan Pilkada 2024 itu.

Sebelum Gilga tampil, grup musik lokal The Sanga Band dan OM PNS terlebih dahulu menghibur warga di alun-alun. Sementara Gilga sebagai bintang tamu utama baru naik panggung pada pukul 22.00 WIB.

Koran Solopos

Dia menyanyikan beberapa lagu seperti Lamunan, Nemen, Alum, dan Pamer Bojo. Semua lagu yang dia nyanyikan selalu disambut penonton dengan menyanyi bersama sepanjang konser.

Penonton mulai dari usia muda, tua, bahkan anak-anak antusias menonton konser pria 26 tahun itu. Konser pada Selasa malam itu dijaga ketat aparat keamanan. Setiap penonton yang masuk ke area konser diperiksa untuk memastikan tidak membawa barang yang berpotensi menimbulkan kericuhan atau berbahaya.

Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha, menyampaikan sengaja menyosialisasikan tahapan Pilkada Wonogiri 2024 melalui konser musik karena bisa mendatangkan banyak massa. Sebelum dan di sela-sela konser, KPU Wonogiri memberikan informasi ihwal jadwal Pilkada kepada warga yang menonton.

Emagazine Solopos

Satya meyakini cara ini cukup efektif untuk memberikan informasi awal kepada warga terkait Pilkada Wonogiri 2024. Terlebih informasi itu disampaikan dengan cara interaktif melalui video dan komunikasi langsung dengan penonton. Dengan begitu, warga lebih mudah paham sehingga turut berpartisipasi dalam setiap tahapan Pilkada 2024.

Tingkat Partisipasi Ditarget Tinggi

Catatan Solopos.com cara sosialisasi menggunakan media konser dangdut bukan kali pertama ini digelar KPU Wonogiri. Penyelenggara pemilu tersebut menggelar acara serupa saat sosialisasi Pemilu 2024 lalu. Pemkab Wonogiri juga beberapa kali menggunakan cara yang sama ketika menyosialisasikan program pemerintah.

”Kami pikir cara ini yang paing mudah mendatangkan banyak massa pada waktu yang sama, dan kami nilai ini cukup efektif. Tujuan sosialisasi itu kan memberikan informasi kepada sebanyak-banyaknya warga,” kata Satya saat ditemui Solopos.com, Rabu (1/5/2024).

Interaktif Solopos

Satya menyampaikan konser musik ini hanya salah satu cara sosialisasi. KPU Wonogiri tetap akan menyosialisasikan Pilkada 2024 dengan cara-cara lain misalnya melalui media massa, baliho, menggelar kegiatan di wilayah-wilayah kecamatan, dan sebagainya.

KPU Wonogiri menargetkan tingkat partisipasi Pilkada 2024 baik pemilihan calon bupati-calon wakil bupati Wonogiri maupun calon gubernur-calon wakil gubernur Jawa Tengah bisa mencapai 80% dari daftar pemilih tetap di Wonogiri.

Meski sulit, target itu masih cukup realistis, sebab biasanya warga lebih antusias dalam pemilihan kepala daerah. Di sisi lain, pada Pemilu 2024 tingkat partisipasi sudah mencapai 77,14 %.



”Ya walaupun tidak mudah, kami tetap harus berusaha agar target tercapai. Apalagi kalau semakin banyak pasangan calon dan semakin ketat persaingan, biasanya tingkat partisipasinya akan tinggi,” ujar dia.

Salah satu warga yang menonton konser, Arumi Habsyah, mengatakan sosialisasi mengenai Pilkada 2024 dengan cara konser itu tidak membosankan. Dia sebagai warga malah tidak merasa bahwa kegiatan itu sebagai sosialisasi. Kendati demikian, justru pesan yang disampaikan itu bisa dipahami.

”Saya jadi tahu Pilkada 2024 itu dilaksanakan 27 November 2024 nanti. Ya walaupun masih cukup jauh, tapi setidaknya kami, warga ini tahu gitu lo,” kata Arumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Pemkot Solo Siapkan 9 Event selama Mei, Salah Satunya Event Terbesar 2024

Pemkot Solo Siapkan 9 Event selama Mei, Salah Satunya Event Terbesar 2024
author
Ahmad Mufid Aryono Rabu, 1 Mei 2024 - 13:45 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) yang juga Pembina Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bersama Ketua Umum Dekranas Ibu Wury Ma'ruf Amin (ketiga kiri) melihat kain khas Lampung saat pembukaan Pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (21/9/2022). (Antara/Hafidz Mubarak A)

Solopos.com, SOLO–Pemkot Solo menyiapkan sembilan event unggulan selama Mei 2024. Salah satu event itu merupakan yang terbesar di Kota Solo tahun ini.

Berdasarkan Calender of Cultural Event Solo 2024, dua event besar itu di antaranya hari ulang tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Solo Great Sale.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dekranas adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya.

Ibu Negara Iriana Jokowi merupakan Pembina Dekranas. Sedangkan Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin. HUT ke-44 Dekranas merupakan tahun terakhir Iriana Jokowi menjadi Ibu Negara.

Koran Solopos

Pengurus Dekranas telah menggelar rapat sebagai persiapan HUT ke-44 di Balai Kota Solo, Sabtu (25/4/2024). Rapat itu membahas lomba parade mobil hias, kriya, dan budaya.

Hadir dalam rapat sejumlah pengurus Dekranas, yakni Wakil Ketua Harian 1 Dekranas, Loemongga Agus Gumiwang; Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas, Endang Budi Karya.

Kemudian Anggota Bidang Promosi dan Humas Dekranas, Dewi Assa’ad; Anggota Bidang Kemitraan Dekranas, Suzan Berto; Anggota Bidang Kemitraan Dekranas, Wignyo Rahadi.

Emagazine Solopos

Rangkaian HUT Dekranas meliputi Parade Kriya dan Budaya Dekranas 2024 dari simpang Gendengan-Balai Kota Solo, Rabu (15/4/2024). Kemudian Expo Dekranasda di Pamedan Pura Mangkunegaran, Rabu-Sabtu (15-18/5/2024).

Pengunjung bisa menjelajahi keberagaman produk unggulan dan berkualitas dari 278 booth UMKM lokal Indonesia. Selain itu, acara turut dimeriahkan oleh penampilan dari beberapa artis ternama tanah air.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan HUT Dekranas merupakan salah satu event besar di Kota Solo pada 2024. Pemkot Solo ingin roda ekonomi Kota Solo tetap berputar stabil setelah Lebaran 2024.

Interaktif Solopos

Berikut daftar event di Kota Solo selama Mei 2024:

-Solo Great Sale di pusat perbelanjaan dan pasar tradisional Solo, Rabu-Jumat (1-31/5/2024)
-Solo Culinary Fest di Manahan, Kamis-Minggu (9-12/5/2024)
-Semarak Budaya Indonesia di Balai Kota Solo, Jumat-Sabtu (10-11/5/2024)
-Expo Dekranasda di Pamedan Pura Mangkunegaran, Rabu-Sabtu (15-18/5/2024)
-Parade Kriya dan Budaya Dekranas 2024 dari simpang Gendengan- Balai Kota Solo, Rabu (15/4/2024)
-Wastra Nusantara Fashion di Taman Balekambang, Sabtu (18/5/2024)
-Lomba Kreativitas dan Pelajar Masyarakat di KST STP, Selasa-Rabu (21-22/5/2024)
-Waishaka Puja di Vihara Dhamma Sundara, Kamis (23/5/2024)
-Sendratari Ramayana Geger Goa Kiskendo di Taman Sriwedari, Jumat (24/5/2024).



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

KPU Jateng Gelar Rapat Evaluasi Tata Kelola Logistik Pemilu 2024

KPU Jateng Gelar Rapat Evaluasi Tata Kelola Logistik Pemilu 2024
author
Anik Sulistyawati Rabu, 1 Mei 2024 - 13:30 WIB
share
SOLOPOS.COM - KPU Provinsi Jawa Tengah menggelar Rapat Evaluasi Tata Kelola Logistik Pemilu 2024 untuk KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah di Hotel Atria, Magelang.(Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah menggelar Rapat Evaluasi Tata Kelola Logistik Pemilu 2024 untuk KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Acara ini berlangsung dari 29 April hingga 1 Mei 2024 di Hotel Atria, Magelang. Sebanyak 35 satker KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah mengikuti acara ini.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hadir dalam acara tersebut jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, yaitu Bakesbangpol Jawa Tengah, Diskominfo Jawa Tengah, dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jawa Tengah. Rapat dibuka dengan sambutan dan arahan dari Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Handi Tri Ujiono.

Dalam sambutannya, Handi menyampaikan bahwa logistik memiliki peran penting terkait metode konvensi suara dan tatacara pemberian suara, serta sebagai wujud pelayanan kepada pemilih dengan menyediakan surat suara.

Koran Solopos

Handi juga mengapresiasi KPU Kabupaten/Kota yang telah berusaha secara maksimal dalam memastikan ketersediaan logistik di Jawa Tengah.

“Salah satu capaian penting dalam hal logistik adalah digitalisasi melalui penggunaan aplikasi SILOG, meskipun masih ada evaluasi yang perlu dilakukan. Secara umum, SILOG dapat memperpendek rantai komando dan alur pertanggungjawaban menjadi lebih mudah,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Handi berharap melalui acara tersebut akan ada masukan terkait penyediaan logistik untuk Pemilu dan Pilkada yang akan datang.

Emagazine Solopos

Hari pertama rapat menghadirkan narasumber dari Polda Jawa Tengah dan Bawaslu Jawa Tengah. Narasumber dari Polda, Ajun Komisaris Besar Polisi Agus Priyadi, menyampaikan materi terkait Pola Pengamanan Logistik Pemilu 2024.

Sementara itu, narasumber dari Bawaslu, Wahyudi Sutrisno, membawakan materi terkait Evaluasi Pengawasan Logistik Pemilu 2024.

Agenda dilanjutkan pada hari kedua dengan kegiatan outbound bersama peserta, serta pembahasan materi terkait Logistik Pasca-Pemilu 2024 oleh Kasubbag pada Biro Logistik, KPU RI, Yohanes Prieston.

Interaktif Solopos

Dalam kesempatan itu, Yohanes membahas materi terkait jenis logistik, seperti arsip dan non-arsip, serta isu strategis pada logistik pemilu 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Kadiv. Perencanaan dan Logistik, Basmar Perianto Amron, berharap agar slogan “No Mistake Zero Accident” dapat terwujud. Basmar juga menghimbau agar cermat dalam proses sortir dan lipat surat suara, serta memastikan jumlah logistik sebelum didistribusikan.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories