SOLOPOS.COM - Para prajurit TNI dari Yonif Raider 408/Suhbrastha berlari sembari membawa tumpeng saat memasuki Mapolres Sragen, Sabtu (1/7/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Mako Polres Sragen didatangi ratusan prajurit TNI dari Yonif Raider 408/Suhbrastha pada Sabtu (1/7/2023).

Mereka datang dengan membawa nasi tumpeng seraya menyanyikan lagu ulang tahun secara serempak untuk memeringati Hari Bhayangkara ke-77 Polri. Apa yang dilakukan prajurit Yonif tersebut sebagai wujud kejutan bagi aparat Polres Sragen dengan harapan sinergitas TNI-Polri terus terjaga.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Suara para prajurit itu menggema di seputaran Mako Polres Sragen di Mageru, Sragen Tengah. Sejak pagi, puluhan karangan bunga berisi ucapan Hari Bhayangkara ke-77 menghiasi Mako Polres Sragen. Karangan bunga itu berderet dari depan Mako Polres Sragen di Jalan Bhayangkara No. 5 Sragen hingga keliling di pintu gerbang pelayanan Polres Sragen di sebelah utara Polres Sragen.

Para prajurit yang dipimpin Danyonif Raider 408/Suhbrastha Letkol (Inf) Guvta Alugoro Koedoes melewati puluhan karangan bunga itu dan memasuki Mapolres Sragen. Kedatangan mereka sudah disambut Wakapolres Sragen dan para perwira polisi lainnya. Para prajurit menyerahkan nasi tumpeng kemudian mereka berkerumun membentuk letter U dan tak henti-hentinya menyanyikan lagu ulang tahun.

“Ini spontanitas tetapi memang sudah kami siapkan dan kami rencanakan. Ini sebagai bentuk dan wujud sinergitas TNI dan Polri, khususnya Yonif Raider 408/Suhbrastha. Kami akan selalu mendukung tugas-tugas Polres Sragen. Kebetulan dalam kesempatan ini, saya membawa 400 orang personel karena pasukan kami terpisah di Boyolali,” ujar Letkol Guvta saat ditemui Solopos.com, di Mapolres Sragen.

Para prajurit datang tak mengenakan pakaian dinas militer tetapi memakai kaus dan celana. Guvta menyampaikan ratusan prajurit berangkat dari homebase di Widoro, Sragen Wetan. Sebelum ke Mapolres Sragen, kata dia, mereka sudah berlari sejauh 6 km yang merupakan program latihan fisik secara rutin setiap Sabtu pagi.

“Kebetulan bareng dengan Hari Bhayangkara, makanya kami mampir ke Mapolres Sragen seraya memberi selamat untuk Polri. Semoga ke depan Polri selalu jaya. Kami sebagai rekan kerja, semoga sinergi TNI dan Polri terjaga demi kedaulatan rakyat dan NKRI,” kata Guvta.

Wakapolres Sragen Kompol Iskandarsyah menyambut baik dan berterima kasih kepada para prajurit Yonif Raider 408/Suhbrastha atas kejuatannya di Hari Bahayangkara. Dia menyampaikan usia Polri sudah 77 tahun. Dia berharap Polri ke depan lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. “Dengan tema Polri Presisi, Indonesia Maju, maka Polri ke depan akan lebih baik lagi,” katanya.

Dalam perayaan Hari Bhayangkara, Polres Sragen menggelar berbagai perlombaan untuk menyemarakan Hari Bhayangkara. Sejumlah kegiatan itu di antaranya, pelayanan bakti Polri Presisi dengan mengunjungi anggota yang sakit, doa lintas agama, dan penghargaan kepada anggota berprestasi.

Kegiatan selanjutnya berupa lomba bakti Polri Presisi yang terdiri atas lomba kebersihan, lomba menembak, lomba safety riding, lomba polisi cilik, lomba pelayanan, lomba olahraga, dan lomba satuan keamanan keliling. Selain itu, masih ada kegiatan bulan bakti Polri Presidi dalam bentuk pelayanan sosial, seperti donor darah, bakti sosial stunting, penyerahan bantuan di enam lokasi, jumat curhat di Taman Krido Anggo, pelayanan kesehatan, hingga penanaman pohon di Sambirejo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya