SOLOPOS.COM - Bawaslu Karanganyar meraih penghargaan karya foto terbaik penertibam alat peraga di masa tenang kampanye Pemilu 2024 oleh Bawaslu RI pada Minggu (21/4/2024). (Istimewa/Bawaslu Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR–Prestasi membanggakan ditorehkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karanganyar. Bawaslu Karanganyar dinobatkan sebagai Bawaslu Kabupaten terbaik kategori Foto Penertiban Alat Peraga oleh Bawaslu.

Penghargaan diterima Bawaslu Kabupaten Karanganyar bertepatan Peringatan Hari Kartini di Bawaslu Jakarta pada Minggu (21/4/2024).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Karanganyar Ikhsan Nur Isfiyanto mengatakan penghargaan diterima Bawaslu Kabupaten Karanganyar untuk kategori karya foto terbaik alat peraga.

Ikhsan mengatakan foto terbaik yang mendapatkan penghargaan Bawaslu, yakni kegiatan jajaran Panwaslu Kecamatan Jenawi yang melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK).

“Kami mendokumentasikan seorang pengawas pemilu perempuan sedang memanjat pohon untuk melepas APK yang dipaku di pohon. Hanya beralaskan kaos kaki, berpakaian lengkap dan rompi pengawas pemilu. Ia memanjat melebihi tinggi orang dewasa. sementara ada seorang pria dewasa berjaga-jaga di bawahnya,” kata Ikhsan kepada Solopos.com, Minggu (21/4/2024).

Ikhsan mengatakan petugas pemanjat pohon itu bernama Tri Winarti. Ia merupakan Pengawas Kelurahan/ Desa (PKD) Menjing, Kecamatan Jenawi. Foto itu diambil pada kegiatan Pelepasan APK di masa tenang Pemilu 2024 lalu.

Secara kelembagaan, pihaknya mengpresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pengawas ad hoc atas semangatnya menegakkan aturan pemilu. Selain pencegahan, mereka juga memiliki kompetensi dalam penindakan pelanggaran pemilu.

“Inilah bentuk kontribusi sebagai pengawal demokrasi,” ujar dia.

Dia mengatakan saat ini Bawaslu Karanganyar tengah menyiapkan pengawasan tahapan Pilkada Serentak yang akan digelar pada 27 November 2024. Tahapan pertama adalah melakukan evaluasi dan seleksi jajaran pengawas ad hoc, dan Panwascam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya