SOLOPOS.COM - Pj Bupati Karanganyar Timotius Suryadi menyerahkan bingkisan dan secara simbolis melepas penyaluran beras zakat fitrah pada Kamis (4/4/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karanganyar mulai menyalurkan beras zakat fitrah yang bersumber dari aparatur sipil negara (ASN) untuk warga miskin.

Selain itu Baznas juga menyalurkan bingkisan Lebaran untuk tukang becak, supeltas, ojek online serta ribuan tenaga harian lepas (THL) di Karanganyar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketua Baznas Karanganyar, Khafindi, mengatakan distribusi beras zakat fitrah disalurkan di 17 kecamatan di Kabupaten Karanganyar. Masing-masing kecamatan menerima 1 ton beras. “Zakat fitrah yang terkumpul dari ASN Karanganyar mencapai Rp342.515.000. Uang itu kemudian dibelikan beras dengan jumlah sekitar 18 ton lebih,” kata dia saat Pelepasan Distribusi Zakat Fitrah di Rumah Dinas Bupati Karanganyar pada Kamis (4/4/2024).

Selain menyalurkan zakat fitrah, Baznas juga menyalurkan bingkisan untuk semua karyawan THL se-Kabupaten Karanganyar yang jumlahnya lebih dari 2.000 orang. Baznas juga menyalurkan bingkisan kepada tukang becak, supeltas dan pengemudi ojek online. Bingkisan tersebut dibagikan agar meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan untuk Lebaran.

‘’Kami ingin semua bergembira dengan menyalurkan sedikit bingkisan untuk mereka,” katanya.

Baznas Karanganyar menargetkan mampu mengumpulkan zakat fitrah hingga 24 ton lebih. Target ini minimal sama dengan zakat fitrah yang disalurkan Baznas pada Lebaran tahun lalu.

Setelah warga tidak mampu di seluruh kecamatan, Baznas akan menyalurkan beras zakat fitrah ke lembaga seperti pondok pesantren, yayasan, dan panti asuhan. Setidaknya sampai saat ini telah menerima permohonan dari 20 lembaga untuk mendapatkan beras zakat fitrah dari Baznas.

Salah seorang tukang becak di Karanganyar, Sutopo, mengaku sangat bersyukur menerima bingkisan Lebaran dari Baznas. Bingkisan tersebut bisa untuk Lebaran besok.

“Alhamdulillah dapat bingkisan Lebaran. Kami masih diberi rezeki dari Baznas,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya