SOLOPOS.COM - Suasana Transmart Pabelan di Jl. A. Yani No.234, Banaran, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, masih nampak beroperasi hingga Selasa (5/12/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Saat Transmart Solo Baru di Grogol, Sukoharjo, tutup permanen mulai Senin (4/12/2023), Transmart Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, hingga Selasa (5/12/2023) masih beroperasi.

Berdasarkan pemantauan Solopos.com, kondisi hypermarket di Jl. A. Yani No.234, Banaran, Desa Pabelan, Kartasura itu masih didatangi sejumlah pengunjung meski tak ramai. Barang di semua lantai dijual dengan potongan harga alias diskon hingga 75%. Mulai dari barang elektronik, koper, pakaian, pernak-pernik, sepatu hingga kebutuhan pokok lainnya ditawarkan dengan potongan harga tinggi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pramuniaga hingga satpam Transmart Pabelan tetap ramah menyambut kedatangan para pengunjung. Tak jarang mereka menawarkan produk-produk dengan harga miring. Tak hanya rombongan keluarga, sejumlah siswa-siswi yang masih mengenakan pakaian seragam sekolah juga terlihat mengunjungi hypermarket tersebut.

Pengunjung yang datang bersama keluarga umumnya datang untuk makan maupun memburu barang-barang diskon. Sementara bagi pelajar, mahasiswa dan cenderung datang ke Transmart Pabelan untuk menonton film di bioskop lantai atas.

Pengunjung asal Klaten yang kini tinggal di daerah sekitar Pabelan, Kartasura, Kiki Amalia, 28 mengaku baru kali pertama menjajaki hypermarket tersebut. Ia sempat bingung mencari lokasi parkir motor bahkan pintu masuk.

“Agak bingung tadi soalnya baru pertama, masuk ke tempat parkir yang dari pintu depan kan tulisannya buat mobil ya. Trus pas ke belakang [pintu parkir motor] ragu-ragu benar enggak lokasinya, karena masih sepi. Sempat bingung juga masuk lewat mana, karena di parkiran tidak ada tulisan pintu masuk lewat mana,” beber perempuan berkerudung itu saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa.

transmart pabelan sukoharjo
Barang-barang di Transmart Pabelan, Kartasura, Sukoharjo dijual dengan banyak diskon. (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Kunjungannya ke Transmart Pabelan hanya untuk menjawab rasa penasaran. Ia mengaku tak memiliki tujuan maupun barang khusus yang ingin dibelinya.

Sementara itu, warga asal Boyolali, Marni, bersama saudaranya, Sumi, mengaku menghabiskan waktu untuk membeli alas kaki di sana. Dua perempuan paruh baya tersebut membeli sendal biru lantaran diskon yang ditawarkan menggiurkan.

“Ke sini memang untuk jalan-jalan saja. Tadi sempat membeli sandal biru, ini sudah dipakai buat ganti sepatu. Beli ini soalnya lagi diskon 50% ya jadi ya lumayan harganya jadi miring,” ungkap Marni sembari menunjukkan alas kaki barunya.

Pengunjung Prihatin

Ia mengaku prihatin dengan hypermarket yang sering dikunjunginya itu. Mengingat pelayanan yang ramah masih tak mampu mengerek jumlah pengunjung datang ke lokasi tersebut. Bahkan beberapa kios di bagian bawah kini banyak yang tutup akibat sepinya pengunjung. Sebagai warga Boyolali, Transmart Pabelan menjadi jujukannya lantaran dekat dan komplet barangnya.

Sementara itu, Camat Kartasura, Ikhwan Sapto Darmono, mengaku tak mengetahui kondisi secara pasti Transmart di wilayahnya. Ia pun belum mendengar informasi apa pun perihal tutup tidaknya lokasi perbelanjaan tersebut. “Saya sampai sekarang belum dapat informasi itu [perihal keberlanjutan Transmart Pabelan],” jelas Ikhwan melalui pesan WhatsApp.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukoharjo, Djoko Poernomo mengatakan tak bisa berkomentar banyak perihal kondisi Transmart Solo Baru maupun Pabelan saat ini.

“Soal itu [keberlangsungan Transmart Pabelan maupun Solo Baru] saya belum bisa berkomentar banyak. Barangkali kondisi Transmart Solo Baru dengan Pabelan juga berbeda,” beber Djoko.

Seperti diketahui, Transmart Solo Baru remsi tutup per Senin kemarin. Pengumumannya sudah dipasang di pagar sejak Jumat (1/12/2023).

“Pelanggan yang terhormat mohon maaf atas ketidaknyamanannya, Kami akan melayani anda sampai dengan 4 Desember 2023. Transmart Solo Baru tutup permanen. Sampai bertemu dikonsep yang baru, terima kasih,” tulis dalam spanduk yang terpajang itu.

Menurut laporan Bisnis.comjumlah hypermarket milik Chairul Tanjung itu telah berguguran di sejumlah lokasi di Indonesia. Sepanjang 2021-2023, ada sekitar 39 gerai Transmart yang tutup secara permanen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya