SOLOPOS.COM - Seorang warga menjajal sirkuit huruf S saat ujian praktik SIM C di Mapolres Sragen, Senin (7/8/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sragen menerapkan lintasan atau sirkuit baru dalam ujian praktik pembuatan surat izin mengemudi (SIM) mulai Senin (7/8/2023).

Sirkuit baru ujian praktik SIM  itu berdasarkan Keputusan Kepala Korps Lantas Polri tentang Ketentuan Pelaksanaan Uji Praktik Penerbitan SIM tertanggal 4 Agustus 2023.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dalam sirkuit yang baru itu tidak ada lagi trek atau lintasan angka 8 dan trak zig-zag. Pada sirkuit yang baru ini ada lintasan yang menantang dan dibutuhkan keseimbangan, yakni lintasan membentuk huruf S. Sirkuit itu diperuntukan bagi warga yang hendak membuat SIM C atau SIM untuk pengendara motor.

Dalam kesempatan itu, Kasatlantas Polres Sragen, AKP Abipraya Guntur Sulatiasto, mencoba sendiri sirkuit itu dan lolos. Lintasan baru itu panjangnya 30 meter atau lebih panjang 10 meter dari lintasan lama. Lebar lintasan juga ditambah dari yang semula 1 meter menjadi 1,2 meter.

Kapolres Sragen, AKBP Jamal Alam, melalui Abipraya mengungkapkan ujian praktik SIM yang baru ini terdiri atas empat uji. Keempat uji itu yakni uji pengereman dan kesimbangan, uji putar balik atau u turn atau letter U, uji tikungan atau trek huruf S, dan uji menghindar.

“Uji trek angka 8 sebelumnya diganti u turn dan uji trek zig-zag diganti dengan uji tikungan kombinasi membentuk leter S,” ujar Abipraya.

Dia mengatakan surkuit baru ini merupakan satu sirkuit penuh. Ketentuan baru ini, kata dia, sudah disosialisasikan kepada masyarakat lewat Bhabinkamtibmas dan lewat media sosial. “Hari ini [Senin] dimulai. Tadi sudah ada yang ujian praktik. Ada yang lolos dan ada yang gagal. Kami memberi kesempata tiga kali. Dengan sirkuit baru ini memudahkan masyarakat. Tantangan cukup berat di lintasan huruf S,” ujarnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang masa berlakunya SIM akan habis segera diperpanjang karena terlambat satu hari saja harus membuat SIM baru dan melalui ujian praktik. Rata-rata jumlah pemohon SIM di Satlantas Polres Sragen sebabnyak 35-40 orang per hari untuk SIM A dan SIM C.

“Permohonan SIM B dan SIM D jarang. Kami juga membuka layanan latihan praktik ujian SIM di luar jam kerja. Untuk pelayanan SIM dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Semua pelayanan sudah dilakukan secara nontunai,” jelasnya.

Begini Bedanya Surkuit Uji SIM lama dan Sirkuit Uji SIM Baru di Polres Sragen

         Sirkuit Lama                                                                       Sirkuit Baru

  • Uji keseimbangan                                                         –      Uji pengereman dan kesembimbangan
  • Uji track angka 8                                                           –      Uji putar balik (u turn)
  • Uji track zig-zag                                                             –      Uji tikungan atau track leter S
  • Uji menghindar                                                              –      Uji menghindar
  • Panjang lintasan 20 meter                                           –      Panjang lintasan 30 meter
  • Lebar lintasan 1 meter                                                  –      Lebar lintasan 1,2 meter

Sumber: Satlantas Polres Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya