SOLOPOS.COM - Komedian asal Solo yang dikenal dengan nama Toni Belok Kiri melayat Mbah Minto pada Kamis (23/12/2021). (Espos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Kabar YouTuber, bintang iklan, dan artis parodi gagal mudik, Mbah Minto, meninggal pada Rabu (22/12/2021) itu menyedot perhatian masyarakat, pejabat, pengusaha, dan lain-lain.

Dikabarkan bahwa Mbah Minto meninggal di Rumah Sakit Umum (RSU) Islam Klaten pada Rabu pukul 21.00 WIB. Mbah Minto meninggal pada usia 85 tahun.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Mbah Minto memiliki nama asli Minto Suwito Siyam tercatat sebagai warga Dukuh Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Jenazah Mbah Minto dimakamkan di Sasonoloyo Wonosegaran Bugel pada Kamis (23/12/2021) pukul 14.00 WIB.

Baca Juga : Kabar Duka: Mbah Minto Klaten Dikabarkan Meninggal

Rumah duka Mbah Minto banjir karangan bunga dari pengusaha, pejabat, instansi, dan lembaga negara di tingkat daerah maupun pusat. Pantauan Solopos.com, Kamis (23/12/2021), karangan bunga berjejer rapi di sekitar rumah duka.

Beberapa karangan bunga tersebut dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Bupati Klaten, Sri Mulyani, Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo. Selain itu dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rosarita Niken Widiastuti.

Karangan bunga lainnya dari Kanwil DJP Jawa Tengah, Keluarga Besar KPP Pratama Klaten, Sapi Lemoo Mas Danang. Ada juga karangan bunga dari Irna Grosir Sprei (IGS) dan Soto Sop Seger (SSS IGS) Klaten, RSU PKU Muhammadiyah Delanggu, Bakar Production Solo, dan lain-lain.

Baca Juga : Biodata Mbah Minto, Artis Parodi Gagal Mudik yang Meninggal Dunia

Bupati Klaten, Sri Mulyani, melayat pada Kamis siang. Selain Bupati, tampak komedian asal Solo yang dikenal dengan nama Toni Belok Kiri. Toni mengaku belum sempat bekerja sama dengan Mbah Minto. Tetapi dia menyampaikan kekaguman kepada artis parodi gagal mudik tersebut.

“Saya belum pernah [kerja bareng]. Dulu diajak Mas Ucup tapi belum bisa. Mbah Minto ini luar biasa. Meskipun sepuh tapi masih bisa berkarya. Men-direct [mengarahkan] orang tua saat shooting itu sulit sekali. Atase nyuwun sewu [mohon maaf] Mbah Minto itu usia 85 tahun tapi luar biasa di-direct dan acting-nya luwes,” ungkap Toni saat berbincang dengan wartawan di sela-sela melayat.

Toni mengaku mengenal Mbah Minto sejak dua tahun lalu. Saat itu, Mbah Minto terkenal gara-gara parodi gagal mudik viral di kanal YouTube maupun media sosial. Toni terkekeh saat mengingat salah satu adegan Mbah Minto bingung karena handphone-nya terbalik.

Baca Juga : Kisah Sukses Mbah Minto Klaten: Kerja Serabutan – Jadi Jutawan

“Tidak semua orang bisa seperti Mbah Minto, luar biasa. Mbah Minto bisa mengangkat nama Klaten. Mbah Minto bagi saya ora mung [tidak hanya] artis lokal tapi interlokal. Orang yang kerja di luar negeri tahu beliau. Seniman luar biasa, jos,” ujarnya.

Pada akhir obrolan, Toni mendoakan Mbah Minto husnul khotimah. Selain itu, dia berharap akan ada orang lain yang meneruskan dan menginspirasi seperti Mbah Minto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya