SOLOPOS.COM - Pengendara kendaraan bermotor melintasi Simpang Tujuh Joglo, Banjarsari, Solo, Kamis (18/8/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pengerjaan elevated rail Simpang Joglo memasuki tahap kedua yang berfokus kepada pemasangan fondasi dan juga pilar yang sudah dimulai sejak Agustus 2022.

Tahap kedua ini, nantinya terus berlangsung hingga Februari 2023 atau selama kurang lebih tujuh bulan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Banyak penyesuaian dilakukan selama proses pengerjaan ini, mulai dari manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) di sepanjang Jalan Manunggal dan Jalan Raya Solo-Purwodadi yang menjadi satu arah, Kereta Api yang harus melewati detour track, hingga pergeseran palang pintu Kereta Api.

Selain itu, ada Pasar Joglo yang kini dipindah ke pasar darurat sekitar satu kilometer menuju arah timur Simpang Joglo.

Baca Juga: Sabar Lur, Pembangunan Pilar Rel Layang Joglo Solo sampai Februari 2023

Pindahnya Pasar Joglo, karena nantinya lokasi yang ada digunakan untuk meletakkan alat-alat berat dan juga nantinya bahan-bahan fabrikasi untuk pengerjaan elevated rail Simpang Joglo.

Menurut Site Manajer Proyek Pembangunan Jalur KA Elevated Solo Balapan-Kadipiro, Dendy Purbowo, saat ini lokasi Pasar Joglo yang sudah dikosongkan, kini digunakan untuk pengalihan saluran air sementara, selama pengerjaan pilar.

“Untuk yang Pasar Joglo sudah kita gunakan, untuk pengalihan saluran sementara, sebagai pengganti saluran yang kami timbun di posisi pilar,” ujar dia kepada Solopos.com, Kamis (18/8/2022), .

Selain itu sejumlah alat berat untuk pengerjaan rel layang Simpang Joglo sudah masuk ke lokasi, setelah sebelumnya dimasukkan melewati jalan utama sebelum dilakukan MRLL.

Baca Juga: Walah, Proyek Rel Layang Joglo Solo Munculkan Lokasi Kemacetan Baru

“Alat-alat berat juga sudah masuk, kami lewatkan jalan raya sebelum penyempitan,” tegasnya.

Pengerjaan awal tahap kedua, yaitu pemasangan bored pile sedang dikerjakan, nantinya dimulai pengerjaan pilar dimulai setelah pengerjaan bored pile yang yang diharapkan rampung dalam dua bulan.

Sedangkan untuk pemasangan pilar akan dimulai setelah pengerjaan bored pile selesai, pemasangan pilar diharapkan selesai dalam waktu tiga bulan pengerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya