SOLOPOS.COM - Kesibukan para tukang masa di dapur Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo, mempersiapkan hidangan untuk para jemaah Haul Habib Ali, Senin (14/11/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Panitia Haul ke-111 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Masjid Ar Riyadh Solo  menyiapkan lima ton beras dan 500 ekor kambing untuk dimasak sebagai menu hidangan makan para jemaah yang hadir pada rangkaian acara haul sejak Senin (14/11/2022) hingga Rabu (16/11/2022).

Dapur Masjid Ar Riyadh terlihat sibuk dengan puluhan orang yang memasak pada Senin (14/11/2022). Hari itu sebanyak 40 ekor kambing dan 3,5 kuintal beras diolah untuk hidangan para jemaah yang hadir.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mereka yang memasak makanan untuk para jemah haul adalah sukarelawan dengan jumlah sekitar 50 orang dalam satu kali giliran. Mereka memasak mulai dari pagi hari hingga malam hari dengan tugas berbeda-beda.

Ada yang memotong daging, mengolah bumbu hingga mengaduk daging kambing untuk menyajikan beberapa menu seperti nasi tomat, nasi briyani, sambel goreng hingga nasi kebuli bagi para jemaah Haul Habib Ali di Solo

Salah satu sukarelawan yang menjadi juru masak, Anik, menjelaskan pada Senin (14/11/2022), 40 ekor kambing dan 3,5 kuintal dimasak menjadi nasi kebuli.

Baca Juga: Jl Kapten Mulyadi Solo Sudah Ditutup untuk Haul Habib Ali, Buka Lagi Rabu Sore

“Memasaknya dari tadi pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Waktu mengolahnya sekitar empat jam mulai dari menyiapkan daging sampai menanak nasi, nanti dibagi bisa untuk ribuan jemaah,” jelasnya kepada Solopos.com, Senin (14/11/2022).

haul habib ali solo
Tukang masak mengaduk salah satu menu masakan untuk para jemaah Haul Habib Ali Solo di dapur Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Senin (14/11/2022). (Solopops/Gigih Windar Pratama)

Setelah dimasak, makanan tersebut akan dibagikan kepada para jemaah Haul Habib Ali Solo menggunakan nampan-nampan yang terbuat dari besi dan dibagikan setelah Salat Isya.

“Kalau sudah jadi nanti ditaruh di nampan-nampan di ruangan satunya, terus dibagikan ke para jemaah untuk dimakan setelah Salat Isya,” urainya.

Baca Juga: Tak Mau Kehilangan Tempat, Jemaah Haul Habib Ali Solo Rela Tidur di Jalan

Untuk puncak haul, Selasa (15/11/2022), dapur Masjid Ar Riyadh menyiapkan total satu ton beras dan 300 ekor kambing untuk diolah dan disajikan. Menurut Anik nantinya jumlah tersebut bisa memberi makan puluhan ribu hingga ratusan ribu orang jemaah yang hadir saat Haul.

“Karena besok puncaknya, malam mulai ini masak sekitar 1 ton beras dan 300 ekor kambing, nanti itu bisa untuk memberi makan puluhan ribu sampai ratusan ribu orang. Kalau totalnya yang disediakan ada sekitar lima ton beras dan 500 ekor kambing buat tiga hari,” tutur perempuan asal Jakarta ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya