SOLOPOS.COM - Eks rumah Djoko Susilo di J. Sam Ratulangi, Manahan, Solo, menjadi Kantor Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan), Senin (24/8/2020). (Solopos/Mariyana Ricky PD)

Solopos.com, SOLO — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menyerahkan bekas rumah terpidana korupsi simulator SIM, Djoko Susilo, di Jl Sam Ratulangi, Manahan, Solo, ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Senin (24/8/2020).

Bangunan yang tadinya Barang Rampasan Negara itu bakal digunakan sebagai Kantor Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan). Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto, mengatakan rumah tersebut bakal menjadi tempat penampungan barang sitaan KPK maupun kepolisian dari Solo, Sukoharjo, dan Karanganyar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Karyawan Bank Positif Covid-19, 4 Anggota Keluarganya Di Sukoharjo Ikut Tertular

“Ini sudah mulai aktif digunakan sebagai kantor. Harapannya bisa meningkatkan kinerja. Kalau tempat atau kantornya memadai, pelayanan kepada masyarakat makin bagus,” kata dia kepada wartawan seusai penandatanganan berita acara serah terima (BAST) barang milik negara di Graha Kusuma Manahan, Senin.

Bekas rumah mantan Kakorlantas Polri yang menjadi terpidana korupsi di Manahan, Solo, itu luas tanahnya 870 meter persegi dengan luas bangunan 440 meter persegi.

Dibuang di Merapi Dan Goa Parangtritis, 2 Jenazah Korban Jagal Kartasura Tak Ditemukan

Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara Kemenkumham, Heni Yuwono, mengatakan bakal memperbaiki bagian rumah yang mengalami kerusakan, mengingat sudah bertahun-tahun tak dihuni. “Nanti kami lihat apakah akan ada perluasan untuk gudang dan sebagainya,” kata Heni.

Aset Lain Djoko Susilo

Sementara itu, Deputi Bidang Penindakan KPK, Brigjen Pol Karyoto, mengatakan bekas rumah terpidana kasus korupsi simulator SIM merupakan rampasan. Saat vonis dibacakan, terpidana wajib membayar uang pengganti.

Underpass Transito Solo Segera Jadi, Warga Khawatirkan Kepadatan Lalu Lintas di Jalan Kampung

Sejumlah barang rampasan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut. “Tapi, ada pula [barang rampasan] yang kemudian dimanfaatkan instansi yang membutuhkan,” ucap Karyoto.

Sebelumnya, eks rumah terpidana korupsi Djoko Susilo yang lain yakni Dalem Priyosuhartan di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 70, Sondakan, Laweyan, Solo, juga sudah dihibahkan ke Pemkot Solo.

Gundukan Tanah Dekat Dapur Jadi Kunci Pengungkapan Kasus Jagal Kartasura Sukoharjo

Aset tersebut resmi menjadi milik Pemkot pada Oktober 2017 melalui surat Kementerian Keuangan no.S-234/MK.6/2017. Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga mendapatkan hibah dari barang rampasan negara, yakni Dalem Joyokusuman.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Pendaftaran Bakal Calon Rektor UNS Dibuka

Pendaftaran Bakal Calon Rektor UNS Dibuka
author
Ahmad Mufid Aryono Jumat, 3 Mei 2024 - 13:46 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ketua MWA UNS Solo, Muliaman Hadad (tiga dari kiri) sedang memaparkan tahapan pilihan Rektor UNS 2024-2029 dalam jumpa pera di gedung rektorat kampus setempat, Jumat (19/4/2029).(Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Pendaftaran bakal calon rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo resmi dibuka pada Kamis (2/5/2024) hingga Selasa (28/5/2024). Panitia Pemilihan Rektor (PPR) minta yang sudah memenuhi syarat untuk segera mendaftar.

PPR UNS menerima berkas pendaftaran bakal calon rektor setiap hari kerja yakni Senin-Jumat pukul 09.00 WIB–12.00 WIB dan 13.00 WIB–15.00 WIB di Sekretariat Majelis Wali Amanat (MWA) yang berada di Gedung dr. Prakosa UNS.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketua PPR UNS, Mohammad Jamin, mengatakan bahwa kesempatan pendaftaran bakal calon rektor terbuka untuk dosen dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) di Indonesia yang memenuhi persyaratan.

Informasi mengenai persyaratan dan dokumen-dokumen pendukungnya bisa dibaca dan diunduh dari laman https://mwa.uns.ac.id/pemilihan-rektor/.

Koran Solopos

Sosialisasi mengenai pendaftaran Bakal Calon Rektor UNS ini sudah dilakukan pada Sabtu (27/4/2024) lalu secara tatap muka dan melalui daring melalui media sosial dan media online.

“Dengan dimulainya tahap pendaftaran ini, PPR sudah siap untuk menerima berkas pendaftaran dari seluruh pendaftar bakal calon rektor,” terang Jamin dalam keterangan tertulis, Kamis (2/5/2024).

Jamin berharap bagi yang sudah memiliki persyaratan lengkap untuk segera mendaftar.  “Tidak perlu nunggu sampai di akhir-akhir mau penutupan. Ketika berminat dan berkas persyaratan komplit, silahkan mendaftar dengan datang ke sekretariat MWA UNS,” imbuh dia.

Emagazine Solopos

Jamin menambahkan tahap pendaftaran Bakal Calon Rektor ini merupakan proses awal UNS menentukan pemimpin universitas masa jabatan 2024-2029. 

“Pemimpin ini yang nantinya dapat membawa UNS sebagai center of excellence institusi pendidikan tinggi dalam skala nasional dan internasional,” kata dia.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Daftar Caleg Terpilih DPRD Solo 2024 dari Banjarsari dan Jebres

Daftar Caleg Terpilih DPRD Solo 2024 dari Banjarsari dan Jebres
author
Kurniawan , 
Ahmad Mufid Aryono Jumat, 3 Mei 2024 - 13:42 WIB
share
SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Anggota Bawaslu Solo, Poppy Kusuma, saat mengikuti rapat pleno perolehan kursi dan penetapan Caleg terpilih DPRD Solo, Kamis (2/5/2024). (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Sebanyak 45 Caleg terpilih DPRD Solo hasil Pemilu 2024 telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Kamis (2/5/2024).

PDI Perjuangan (PDIP) meraih kursi terbanyak dengan 20 kursi DPRD Solo, walau bila dibandingkan Pemilu 2024 mengalami penurunan signifikan. Sebanyak 45 Caleg terpilih tersebar di lima daerah pemilihan (Dapil) di Kota Solo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Berikut daftar Caleg terpilih dari Dapil IV dan V Solo yang meliputi wilayah Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Jebres:

Koran Solopos

1. Caleg terpilih Dapil III Banjarsari A
a. Roro Indradi Sarwo Indah 4.629 suara dari PDIP
b. Kevin Fabiano 3.901 suara dari PDIP
c. Suharsono 3.873 suara dari PDIP
d. Daryono 3.292 suara dari PKS
e. Ardianto Kuswinarno 2.720 suara dari Gerindra
f. Tri Mardiyanto 2.316 suara dari PSI
g. Daniel Rizky Waluyo 1.848 suara dari Golkar

2. Caleg terpilih Dapil IV Banjarsari B
a. Giyatno 4.413 suara dari PDIP
b. Kevin Candra Sadewa 3.363 suara dari Gerindra
c. Sakidi 2.705 suara dari PKS
d. Suwanto 2.675 suara dari PDIP
e. Sugiyarsono 2.254 suara dari PAN
f. Joni Sofyan Erwandi 2.104 suara dari PDIP
g. Herson Rikumau 1.428 suara dari PSI

3. Caleg terpilih Dapil V Kecamatan Jebres
a. Ngadiyo 5.954 suara dari PDIP
b. Honda Hendarto 5.931 suara dari PDIP
c. YF Sukasno 4.300 suara dari PDIP
d. Sagita Puspita Wiranata 3.158 suara dari PDIP
e. Agus Widodo 2.982 suara dari PKS
f. Rheo Yuliana Fernandez 2.937 suara dari PDIP
g. Terty Maharani Gunawati 2.638 suara dari PDIP
h. Agung Harsakti Pancasila Putra 2.577 suara dari Gerindra
i. Agus Setiawan 2.084 suara dari PAN
j. Mukti Junianto 2.058 suara dari PSI
k. Sugeng Riyanto 1.956 suara dari PKS
l. Sri Martuti Handayani 1.656 suara dari PKB

Emagazine Solopos

Pantauan Solopos.com tidak ada keberatan dari peserta rapat pleno atas penetapan 45 Caleg terpilih DPRD Solo 2024. Selanjutnya mereka tinggal menunggu pelantikan yang akan dilakukan pada Agustus 2024.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

45 Caleg Terpilih DPRD Solo Harus Segera Serahkan Laporan Harta Kekayaan

45 Caleg Terpilih DPRD Solo Harus Segera Serahkan Laporan Harta Kekayaan
author
Kurniawan , 
Ahmad Mufid Aryono Jumat, 3 Mei 2024 - 13:31 WIB
share
SOLOPOS.COM - Komisioner KPU Solo meminta 45 caleg terpilih DPRD Solo periode 2024-2029 untuk segera menyerahkan LHKPN sebelum dilantik. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo menetapkan 45 Caleg terpilih DPRD Solo periode 2024-2029, Kamis (2/5/2024) sore.

Penetapan tersebut melalui Rapat Pleno yang dihadiri Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, jajaran Bawaslu Solo, dan perwakilan partai-partai politik (Parpol). PDIP menjadi partai memperoleh suara terbanyak dengan 20 kursi DPRD Solo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Di posisi kedua ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tujuh kusi, lalu Partai Solidaritas Indonesia (PSI) lima kursi, Partai Gerindra lima kursi, Partai Golkar tiga kursi, PAN tiga kursi, dan PKB dua kursi. Tak ada mayoritas tunggal di parlemen.

Ketua KPU Solo, Bambang Christanto, mengatakan perwakilan pengurus parpol agar menyampaikan kepada para Caleg terpilih mereka, perihal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang harus dibuat dan diserahkan.

Koran Solopos

“Parpol tingkat kota, utamanya yang punya caleg terpilih agar disampaikan para caleg terpilih segera melaporkan LHKPN. Sesuai PKPU Nomor 6/2024 jika yang bersangkutan tak melaporkan LHKPN, yang bersangkutan tak dilantik,” ujar dia.

Hal itu, menurut Bambang, sesuai ketentuan yang diatur dalam Pasal 52 PKPU Nomor 6/2024. “Karena ada konsekuensinya seperti itu, mohon agar disampaikan kepada 45 Caleg terpilih untuk menyerahkan LHKPN,” kata dia.

Bambang menjelaskan pihaknya memberikan dokumen salinan hasil rapat pleno sore itu kepada perwakilan parpol. Salinan tersebut diserahkan KPU Solo kepada perwakilan parpol yang hadir dan mengikuti jalannya rapat sore itu.

Emagazine Solopos

Selain itu, KPU Solo mengirimkan soft file hasil rapat pleno penetapan perolehan kursi DPRD Solo dan Caleg terpilihnya. Sedangkan Gibran Rakabuming mengaku merasa lega rapat pleno KPU Solo berjalan dengan lancar dan tertib.

Dia juga mengaku sudah tidak sabar untuk bekerja sama dengan 45 Caleg terpilih DPRD Solo periode 2024-2029. “Kami dari Pemkot Solo sudah tidak sabar bekerja sama dengan para Caleg yang akan dilantik bulan Agustus,” tutur dia.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories