SOLOPOS.COM - Siswa SMPN 5 Klaten mengikuti pemilihan ketua OSIS selayaknya pemilihan umum (Pemilu) di sekolah setempat, Sabtu (17/9/2022). (Istimewa/SMPN 5 Klaten)

Solopos.com, KLATEN — SMPN 5 Klaten menggelar pemilihan ketua OSIS di sekolah setempat, Sabtu (17/9/2022). Proses pemilihan dilakukan selayaknya pemilihan umum (Pemilu).

Ada enam calon ketua OSIS pada pemilihan tersebut dari hasil seleksi yang diikuti sekitar 24 peserta. Pemilih tak lain siswa sekolah setempat sebanyak 768 orang serta guru sebanyak 50 orang.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Rangkaian seleksi diawali dengan proses pemungutan suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilhan OSIS (KPO). Semua tahapan dilakukan selayaknya Pemilu.

Siswa yang hadir melakukan presensi kemudian mendapatkan kartu suara. Mereka lantas melakukan pencoblosan sesuai pilhan masing-masing dan diakhiri mencelupkan jari kelingking pada tinta sebagai tanda sudah memilih.

Kepala SMPN 5 Klaten, Gumawang Setiyanto, mengatakan pemilihan ketua OSIS periode 2022/2023 itu dilakukan secara langsung setelah pandemi Covid-19. Kegiatan itu digelar sebagai bagian dari implementasi proyek penguatan profil Pelajar Pancasila dengan tema Suara Demokrasi.

Baca Juga: Begini Nasib 75 Peserta yang Mangkir di Hari Perdana Seleksi Perdes Klaten

Keenam calon ketua OSIS yang dipilih yakni Aulia Pusporani, Anggi Suci Ramadhani, Indra Aji Nugroho, Ratih Maulida Nur F, Amelia Nurul Khotimah, dan Alia Khoirutunisa.

Tahapan pemilihan ketua OSIS dimulai pengajuan bakal calon sejak, Jumat (2/9/2022). Selanjutnya, seleksi calon pada Rabu (14/9/2022). Setelah itu dilanjutkan penyampaian visi dan misi sebelum dilakukan pemungutan suara.

“Para calon menyampaikan visi misi di depan siswa dan guru, Jumat (16/9/2022). Masing-masing calon menyampaikan visi misi secara bergantian. Hal ini bertujuan agar siswa lebih kenal dengan calon yang ada sehingga mampu memantapkan dalam memilih esok hari,” kata Gumawang berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Sabtu.

Baca Juga: Bawaslu Klaten Butuh 78 Anggota Panwascam, Catat Jadwal Rekrutmennya

Dari hasil coblosan itu, Aulia dari kelas VIII F meraih suara terbanyak dengan 280 suara. Aulia terpilih sebagai ketua OSIS SMPN 5 Klaten periode 2022/2023. Calon ketua OSIS terpilih, Aulia, tidak menyangka terpilih dengan suara terbanyak dalam pemilihan tersebut.

“Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh kakak kelas maupun adik kelas yang sudah memilih. Saya berharap semoga bisa menjadi ketua OSIS yang baik pada periode 2022/2023 dan akan melaksanakan visi misi,” kata Aulia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya