SOLOPOS.COM - Pelaksanaan Donor Darah Nasional MTA yang dilaksanakan secara serentak di perwakilan MTA seluruh Indonesia. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Rangkaian agenda Silaturahmi Nasional ke-4, Yayasan Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) menggelar kegiatan bakti sosial Donor Darah Nasional pada Sabtu (9/9/2023).

Secara serentak kegiatan donor darah digelar di 127 lokasi, dari Aceh sampai Merauke. Di Gedung MTA Pusat, Jalan Ronggowarsito Nomor 111A Solo, digelar acara seremonial dihadiri sejumlah tokoh dan tamu undangan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sejumlah tamu yang hadir di antaranya Brigjen TNI (Purn) Amrin Arupalaka selaku perwakilan Tim Jusuf Kalla dan PMI Pusat; Sarwa Pramana dari PMI Jawa Tengah, Sunarto Istianto selaku Wakil Ketua PMI Solo, perwakilan PMI Soloraya, serta pejabat dari perwakilan Pemkot Solo.

Turut hadir pula puluhan warga MTA yang telah lebih dari 100 kali menyumbangkan darah. Dalam laporannya, Ketua Panitia Donor Darah Nasional MTA Widodo Heri mengatakan donor darah nasional dibagi menjadi 127 lokasi dari Aceh sampai Merauke.

“Di 127 titik pengambilan dari dari Aceh sampai Merauke, Ini sebagai bentuk kepedulian sebagai warga Negara dari sebagai warga MTA sebagai sumbangsih untuk kemanusiaan. Khusus di Solo, pendonor dilayani dua unit PMI yaitu PMI Solo dan PMI Boyolali, terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan erat,” jelas Heri dalam siaran pers yang diterima Solopos.com.

Dalam sambutannya, Pimpinan Pusat MTA Al Ustadz Nur Kholid Syaifullah mengatakan sebagai hamba Allah yang beriman dan juga sebagai anak bangsa dari negeri tercinta, MTA menyadari punya kewajiban untuk membantu sesama.

“Karena apa yang ada pada diri kita hanya titipan dari Allah. Termasuk darah yang mengalir di tubuh juga titipan dari Allah yang kelak akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah. Jadi semaksimalnya, dengan segenap potensi yg Allah titipkan, kami ingin terlibat secara aktif untuk pembangunan negeri tercinta yang sangat mendambakan kebaikan bagi sesama manusia,” ungkap Al Ustadz.

Khusus bagi peserta donor, Pimpinan Pusat MTA berpesan agar terus meningkatkan ghirah dan azam untuk terus menyumbangkan darah yang Allah titipkan.

“Yakinkan dalam jiwa masing-masing, tidak ada yang sia-sia di sisi Allah. Satu tetes darah yang mengalir atas dasar ridha Allah, insya Allah tidak ada yang sia-sia di sisi Allah. Sebanyak apapun darah yang menetes, akan mendapat balasan dari Allah,” imbuhnya.

Wakil Ketua PMI Kota Solo Bidang Organisasi, Sunarto Istianto menyampaikan terima kasih kepada MTA atas konsistensinya dalam menyumbangkan darah.

“MTA Se- Soloraya adalah penyumbang darah terbanyak. Menjadi nomor satu dibandingkan organisasi lainnya. Dan hari ini alhamdulillah. Terima kasih kepada pendonor di seluruh Indonesia semoga menjadi amal kebaikan untuk Anda semua,” kata Sunarto dalam sambutannya.

Donor darah MTA
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla memberikan sambutan Donor Darah Nasional MTA dalam bentuk rekaman video dari kediamannya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Istimewa)

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya melalui tayangan video Ketua PMI Pusat Muhamamd Jusuf Kalla memberikan apresiasi atas digelarnya donor darah nasional oleh MTA.

“Penghargaan dan terima kasih atas donor darah MTA yang dilakukan rutin secara nasional. Berarti itu menyumbangkan apa yang paling penting dalam tubuh kita, yaitu darah bagi masyarakat umat yang sangat membutuhkan. Memberikan uang itu biasa, tetapi memberikan bagian tubuh kita kepada manusia itulah yang sangat penting untukmenjaga kehidupan kita ini.”

Pada kesempatan ini, dilakukan penyerahan piagam penghargaan dari PMI Kota Solo kepada MTA yang telah menyumbangkan darah dalam rangka Donor Darah Nasional MTA pada kegiatan Silatnas.

Antusias warga MTA sangat luar biasa. Sampai dengan berita ini ditulis, kegiatan donor darah nasional MTA di seluruh Indonesia masih berlangsung.

Terpantau dalam quick report melalui sistem informasi online di sekretariat panitia telah tercatat lebih dari 15.000 pendaftar yang telah bersiap mendonorkan darahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya