SOLOPOS.COM - RUMAH ROBOH- Warga menunjukkan rumah milik Karyo Pondok, warga Desa Gentan, Kalurahan Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (18/10) malam. Lebih dari 30 rumah rusak akibat terjangan angin ribut disertai hujan deras pada Selasa (18/10) sore, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Sukoharjo (Solopos.com) – Belasan rumah di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, rusak akibat terjangan angin puting beliung yang melanda desa tersebut, Selasa (18/10/2011) sore. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

RUMAH ROBOH- Warga menunjukkan rumah milik Karyo Pondok, warga Desa Gentan, Kalurahan Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (18/10) malam. Lebih dari 30 rumah rusak akibat terjangan angin ribut disertai hujan deras pada Selasa (18/10) sore, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Informasi yang dihimpun Espos, menyebutkan angin itu datang begitu cepat serta berhembus kencang melewati beberapa dukuh yakni Dukuh Tanjung, Pecinan dan Bangseng. Rumah warga yang dilewati angin puting beliung itu sebagian besar rusak. Peristiwa itu diperkirakan terjadi pada pukul 16.00 WIB sesaat setelah hujan deras. Puluhan warga berhamburan ke luar rumah dan sempat menyaksikan angin itu bertiup kencang dan berputar-putar membumbung tinggi.

Pergerakan angin puting beliung berlangsung selama 15 menit. Rumah warga yang tidak terkena terjangan angin puting beliung juga hancur akibat tertimpa pohon. “Satu rumah parah terdapat di Dukuh Tanjung RT 3/ RW VIII milik Samto, rumah yang tertimpa dahan pohon yakni rumah Sukadi, sedangkan rumah Makno juga roboh akibat tertimpa pohon,” papar Wakil Komandan SAR Sukoharjo, Mukhlis, saat dihubungi Espos, Selasa malam.

Tim SAR Sukoharjo, kata Mukhlis, datang ke lokasi setelah beberapa menit mendapat laporan dari warga. Menurut Muklis, peristiwa alam itu kerap menimpa Desa Gentan. Bahkan, angin puting beliung bisa dikatakan siklus tahunan. “Daerah Gentan, Kecamatan Bulu memang sering terjadi peristiwa alam seperti ini, oleh sebab itu sebagian besar warga tidak mengalami traumatik yang signifikan,” paparnya.

Upaya evakuasi di lokasi kejadian, kata Mukhlis, dilakukan oleh puluhan tim SAR Sukoharjo dibantu warga dan beberapa anggota Linmas setempat. Dari hasil evakuasi tersebut, tidak ditemukan korban luka ataupun korban jiwa. “Namun hingga Selasa malam, Dusun Bangsen, terjadi pemadaman listrik karena diduga aliran kabel listrik tertimpa pohon,” papar Mukhlis.

m98

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya